nusabali

Tantang Siswa SMP se-Bali Adu Pintar, MGMP IPA Gelar Kompetisi Sains Terpadu

  • www.nusabali.com-tantang-siswa-smp-se-bali-adu-pintar-mgmp-ipa-gelar-kompetisi-sains-terpadu

AMLAPURA, NusaBali - MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPA SMPN Karangasem, kembali menggelar KST (Kompetisi Sains Terpadu) IX IPA Tingkat SMP Tahun 2023. Kompetisi ini menantang adu pintar siswa SMP se-Bali.

KST dilaksanakan pada Minggu (4/6) secara daring. Final 20 besar melalui tatap muka, Minggu (11/6), di Aula Sabha Widya Praja, Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran, Amlapura.

Ketua Panitia yang juga Ketua MGMP IPA SMP Karangasem I Wayan Suriasa memaparkan hal itu kepada NusaBali di Amlapura, Senin (29/5). Dia mengatakan, KST kali ini kembali memperebutkan Piala Bergilir Bupati Karangasem. Selain itu, peraih Juara I berhak atas uang pembinaan Rp 750.000, Juara II Rp 500.000 dan Juara III Rp 300.000. "Sementara, telah mendaftar 110 siswa SMP se-Bali. Nanti, peserta ini akan terus bertambah," jelas guru IPA di SMPN 3 Abang, Karangasem ini.

Kata dia, materi KST mata pelajaran IPA yakni Biologi dan Fisika. Tahun 2022, babak penyisihan secara daring melibatkan 242 peserta SMP se-Bali. Selanjutnya meloloskan 20 siswa ke final. Babak final melalui luring untuk menjaring 10 besar. Juara diraih siswa kelas IX/A SMPN 4 Singaraja I Putu Rajendra Pradana Putra.


Siswa itu memenangkan KST 2022 setelah dalam  final melibatkan 20 siswa, dengan skor 72. Saingan terdekatnya dari SMPN 2 Amlapura I Gede Wahyu Dipta Pariandika skor 66, dan peringkat ketiga dari SMPN 4 Singaraja, Joshua Setia Imanuel skor 64.

Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan, mengaku telah menyiapkan 22 siswa pilihannya untuk ambil bagian di KST IX tahun 2023. "Pembinaan telah kami lakukan, secara teknis siap mengikuti KST, mudah-mudahan hasilnya memuaskan, bukan sekadar masuk final sedapat mungkin menjadi juara merebut Piala Bergilir Bupati Karangasem," jelas Kadek Wirawan.

Kasek SMPN 2 Rendang I Wayan Budiarta juga tengah melakukan pembinaan untuk ambil bagian di KST itu. "Saya membina tiga siswa," katanya. Begitu juga menurut Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta, telah melakukan pembinaan untuk persiapan KST. "Kami telah membina 3 siswa dan siap ikut KST," jelas pendidik dari Banjar Sukaluwih, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat. ketiga siswa itu, Ni Komang Trisna Handayani, kelas VIII/A, Ni Luh Buncing Putri Kembar kelas VIII/D dan Ni Made Risma Adriani kelas VII/C, pembinanya I Gusti Bagus Arta Arnawa.

Kasek SMPN 2 Bebandem Ni Komang Tresna Winasih, juga telah mempersiapkan beberapa siswanya untuk ambil bagian di KST. "Kami tengah mempersiapkan sejumlah siswa pilihan untuk ikut KST, mudah-mudahan tahap pertama agar lolos ke final," harapnya.7k16

Komentar