nusabali

Teco Fokus Persiapan Tatap PSM Makassar, Bali United Tanpa Ujicoba Lagi

  • www.nusabali.com-teco-fokus-persiapan-tatap-psm-makassar-bali-united-tanpa-ujicoba-lagi

Ujicoba itu rentan pemain terkena cedera. Kalau sudah cedera kan tidak bisa main jadinya, ini yang kita antisipasi. Untuk itu satu pekan ke depan, Teco fokus evaluasi pada tim, usai menyerah 1-3 dari Persebaya.

GIANYAR, NusaBali 
Pelatih Kepala Bali United Allesandro Stefano ‘Teco’ Cugurra Rodriguez memastikan timnya tidak ada agenda ujicoba lagi. Kini  Teco fokus pada Skuad Serdadu Tridatu menghadapi PSM Makassat, dalam laga play-off wakil Indonesia untuk AFC Champions League 2023/2024, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6). 

"Laga uicoba setelah lawan Persebaya Surabaya tidak ada lagi, kita fokus menghadapi PSM Makassar saja, karena masih ada waktu sepekan untuk persiapan," kata Teco, Senin (29/5). 

Menurut Teco, tidak adanya laga persahabatan lagi itu untuk antisipasi agar pemainnya tidak ada yang cedera. Antisipasi cedera juga dilakukan Teco saat Bali United memenuhi undangan Persebaya dalam laga persahabatan pada Minggu (28/5) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. 

"Kami sengaja tidak menurunkan pemain tampil hingga menit 90, semua kita rotasi agar tidak terkena cedera. Semua ini karena di awal kita latihan hanya berkutat fisik saja," kata pelatih asal Brasil itu.

Teco juga menyebutkan semua pemainnya diberikan kesempatan menit bermain, biar merasakan atmosfir pertandingan secara perlahan. Sehingga tidak ada pemain sampai bermain secara penuh, kita rotasi baik pemain muda dan senior. 

"Ujicoba itu rentan pemain terkena cedera. Kalau sudah cedera kan tidak bisa main jadinya, ini yang kita antisipasi," kata mantan pelatih Persija Jakarta itu. 

Untuk itu satu pekan ke depan, Teco fokus evaluasi pada tim, usai menyerah 1-3 dari anak asuh Aji Santoso. Menurutnya, pertandingan kontra PSM yang paling penting untuk dapat dimenangkan.

“Makanya tidak ada ujicoba lagi. Konsentrasi kita ketemu PSM, dan sebelum itu pasti latihan dan evaluasi kematangan tim lebih siap meladeni PSM nanti," beber Teco. 

Teco berharap Fadil Sausu dkk lebih siap tampil lagi pada babak play off. Sebab, pertemuan pertama di kandang sendiri, lalu  pertemuan laga edua di Stadion BJ Habibie, Parepare pada Sabtu (10/6) nanti. 

Menurutnya, format play-off sendiri akan berlangsung dengan sistem home dan away. Sistem goal away rule  tidak berlaku dalam laga kedua tersebut dan jikalau agregat skor kedua tim imbang akan dilanjutkan pada babak tambahan waktu hingga adu penalti. 

Selain itu, komposisi pemain asing sudah boleh menerapkan lima (pemain asing bebas) + satu (pemain asing asia/AFC) mengikuti regulasi AFC Club Competition 2023/2024.

Lalu pemenang dari play-off akan mendapatkan slot preliminary/play-off tampil indirect slot AFC Champions League 2023/2024 dan klub yang kalah mendapatkan slot preliminary/play-off tampil di indirect slot AFC Cup 2023/2024. dek

Komentar