nusabali

Wabup Suiasa Hadiri HLUN Ke-27 Tahun 2023

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-hlun-ke-27-tahun-2023

MANGUPURA, NusaBali - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 Tahun 2023 di Ruang Pertemuan Kertha Gosana Pusat Puspem Badung, Sabtu (27/5). Acara ditandai dengan pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan acara sesi foto bersama.

Acara ini diinisiasi oleh Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Badung yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial, Disdukcapil, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), serta Dinas Kesehatan. Acara turut dihadiri Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lansia Kementerian Kesehatan RI selaku Ketua Kebugaran Lansia Pra Lansia Indonesia (KLPI) Nenden Muchtar.

Seusai acara Wabup Suiasa mengatakan, dalam memperingati HLUN Pemkab Badung senantiasa mewujudkan konsep idealis dalam membangun bangsa dan negara, mulai dari membangun masyarakat Badung yang seutuhnya dari semenjak lahir sampai meninggal. Menurutnya, tidak ada istilah semakin tua semakin kurang perhatian, justru perlu adanya atensi khusus yang bersifat lebih dalam, baik dari segi kuantitas maupun secara kualitas membangun semangat mereka.

“Kita harapkan jangan posisikan para lansia kita sebagai insan-insan yang membebani kita, tetapi mereka juga memiliki semangat kuat maupun tekat yang kuat sebagaimana pribadi yang mandiri, masih mampu untuk produktif. Kita secara fisik tidak akan bisa menghasilkan apa-apa, tetapi prinsip dasar membangun mereka perlu dijaga dan dikembangkan. Jadi lansia harus kita tetap jaga sebagaimana secara utuh, bahkan lansia juga berhak untuk tetap menjadi individu yang berkualitas,” ujar Wabup Suiasa.

Lebih lanjut dikatakan, peringatan HLUN akan terus dikemas, bahkan nanti kegiatan seperti ini akan dipolakan dengan harapan para lansia benar-benar memiliki kegiatan yang bermakna. Di samping juga sebagai momentum buat para lansia untuk menunjukan identitas dirinya, menunjukan jati dirinya, juga sebagai momentum buat para lansia bersilaturahmi antar masyarakat di Badung. “Oleh karena ada tiga pilar bangsa dalam pembangunan ini, yang memiliki tanggung jawab formal dan moral untuk membangun para lansia seutuhnya,” ucapnya.

Ketua Panitia I Gede Eka Pertama dalam laporannya menjelaskan, acara HLUN mengambil tema ‘Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat’. “Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah mendukung serta memfasilitasi kegiatan ini dan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar sesama lansia,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lansia Kementerian Kesehatan RI selaku Ketua Kebugaran Lansia Pra Lansia (KLPI), Nenden Muchtar, mengatakan sebenarnya lansia kesepian dikarenakan sudah tidak bisa berkomunikasi dengan baik terhadap anggota keluarga. Dengan adanya suatu pertemuan seperti ini, merupakan terapi buat para lansia untuk saling bertemu maupun bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Terlaksananya acara ini, para lansia bisa lebih semangat lagi, lansia juga bisa smart, sehat, mandiri produktif, bermartabat dan bermanfaat untuk orang lain,” kata Muchtar. @ind

Komentar