nusabali

Baik untuk Mata, Ini Buah yang Mengandung Vitamin A

  • www.nusabali.com-baik-untuk-mata-ini-buah-yang-mengandung-vitamin-a

JAKARTA, NusaBali.com - Vitamin A di dalam makanan terbagi menjadi dua bentuk yaitu retinol serta karotenoid (beta karoten). Retinol ini banyak ditemukan pada produk hewani, makanan yang difortifikasi vitamin A  serta suplemen. Vitamin A juga banyak terkandung dalam buah-buahan.

Tetapi kadang masih ada orang yang belum memahami buah yang mengandung vitamin A. apakah anda sudah mengetahui buah-buah apa saja yang punya kandungan vitamin A cukup banyak?

Buah yang Mengandung Vitamin A 

Berikut ini beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin A:

- Buah Mangga 

Jumlah vitamin A dalam satu buah mangga Homefresh Indonesia adalah 112 mcg. Buah vitamin A yang pertama adalah buah mangga yang mengandung setara dengan 45% kebutuhan harian manusia. Berbagai kandungan lain di antaranya adalah antioksidan serta serat makanan juga turut berperan dalam meningkatkan fungsi usus dan mengendalikan gula darah. 

- Buah Semangka

Jumlah vitamin A dalam buah semangka adalah 100 gram. Tidak hanya segar, buah semangka juga termasuk salah satu buah yang kemudian mengandung vitamin A serta berbagai nutrisi baik lain di dalam tubuh. Mulai dari kalium, magnesium, hingga berbagai vitamin seperti vitamin B dan vitamin C. Dengan  mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka dapat mencegah peradangan, menyehatkan kulit serta rambut hingga menyehatkan jantung. Selain itu, juga akan menurunkan tensi dan kolesterol. 

- Buah Jambu 

Jumlah vitamin A dalam 100 gram buah jambuh adalah 624 IU. Sebagian orang mungkin tidak tahu bahwa jambu biji kemudian termasuk ke dalam buah vitamin A. Dengan mengkonsumsi 100 gram setiap harinya kemudian akan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin A. beberapa manfaat yang akan anda rasakan adalah menurunkan gula darah, menyehatkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. 

- Buah Melon 

Jumlah vitamin A dalam ½ gelas cangkir adalah 135 mcg. Buah impor melon jingga juga punya kandungan vitamin A yang setara dengan 54% dalam jumlah kebutuhan harian. Melon jingga juga menjadi salah satu buah yang mengandung sumber antioksidan serta vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, melon jingga juga berperan melindungi tubuh dari bakteri serta virus penyebab penyakit. 

- Buah Alpukat 

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah alpukat adalah 1926 IU. Tidak hanya mengandung vitamin A, alpukat juga menjadi salah satu buah yang kaya akan magnesium. Perlu diketahui bahwa salah satu buah alpukat mengandung 58 miligram magnesium. Nilai inikemudian telah memenuhi kebutuhan magnesium harian dalam tubuh sampai 16%. Buah dengan daging kuning kehijauan ini juga diperkaya dengan kalium, serat dan vitamin C. kemampuan buah ini juga akan menjaga gula darah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 
 
- Buah Blewah 

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah blewah adalah 1,69 g. Blewah biasanya lebih sering ditemukan ketika bulan Ramadhan sebagai campuran dalam sop buah. Rasanya yang menyegarkan dan manis membuatnya cocok untuk dikonsumsi sebagai Pelepas dahaga. Buah berwarna oranye ini adalah buah yang mengandung vitamin A dan Kesehatan mata. Keberadaan beta karoten di dalamnya sangat berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit kronis. 

- Buah Pepaya 

Selain kaya akan vitamin A, buah berwarna oranye ini juga mengandung banyak serat, karbohidrat, vitamin B, kalium, magnesium, kalsium, vitamin C dan protein. Tidak mengherankan jika papaya agen buah bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, kulit serta jantung dan mencegah resiko pertumbuhan sel-sel kanker. Meskipun kaya dengan nutrisi yang menguntungkan, namun sayangnya tidak semua orang menyukai buah ini karena aroma yang terlalu menyengat serta tekstur yang lembek. 

- Nanas 

Jumlah vitamin A yang terkandung di dalam 100 g buah nanas adalah 58 IU. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa buah nanas hanya mengandung vitamin C namun buah kuning dengan rasa asam yang khas ini mengandung banyak vitamin A. Dalam buah ini, ada juga kandungan bromelain yang berpotensi mengurangi durasi sinusitis serta memperlancar serta mengurangi masalah peradangan pada saluran pernpasan. Harus diingat bahwa buah nanas tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan hanya boleh dikonsumsi sebanyak 12 gram saja setiap harinya. 

- Buah Anggur 

Jumlah vitamin A yang ada di dalam 100 gram buah anggur adalah 66 IU. Buah dengan rasa manis serta agak asam ini punya kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K. Buah ini juga mengandung asam galat, glikosida, mangan, zat besi serta kalsium. Mengkonsumsi buah anggur juga bisa mengurangi resiko kanker payudara, gangguan prostat dan usu besar. Buah ini bisa dibilang berperan dalam menyehatkan ginjal dna pencernaan. 

- Buah Apel 

Jumlah vitamin A dalam 100 g buah apel adalah 58 IU. Buah apel adalah salah satu buah yang cukup popular dengan tekstur renyah dan memiliki rasa yang manis. Berdasarkan penelitian, buah ini mengandung serat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, buah apel juga punya kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin, dan vitamin B. kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya kemudian berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi resiko diabetes tipe 2, kanker hingga Alzheimer. 

- Buah Kiwi 

Jumlah vitamin A di dalam buah kiwi per 100 g adalah 87 IU. Buah berwarna hijau ini kemudian memiliki kandungan vitamin A yang terbilang cukup memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Selain itu, buah dengan rasa asam ini mengandung beberapa zat bergizi lainnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, mineral serta fito chemical. Mengkonsumsi kiwi rutin juga akan menyehatkan mata anda. 
  

Komentar