nusabali

Usai Lebaran Pesanan Armada Anjlok

  • www.nusabali.com-usai-lebaran-pesanan-armada-anjlok

DENPASAR, NusaBali - Usai Lebaran pesanan armada menurun. Bahkan penurunan hingga persen. Perhimpunan Angkutan Wisata Bali (Pawiba) menaruh harapan besar pada Juni mendatang bisa pulih kembali, terutama pesanan angkutan untuk siswa liburan.

Ketua Pawiba I Nyoman Sudiartha, mengatakan saat ini orderan turun drastis. Berbeda saat libur Lebaran kemarin. “Pasca Hari Idul Fitri dan sasih upacara, orderan turun signifikan,” ujarnya, Jumat(26/5).

Dia menyotohkan, saat ini dari sekitar 400 armada yang dimiliki anggota Pawiba, yang dapat orderan untuk angkutan hanya sekitar 200 unit. “Jadi menurun jauh,” ucapnya.

Namun demikian, Sudiartha tetap berharap selama libur sekolah nanti, pesanan kembali meningkar. Dikatakan, libur sekolah biasanya pada Juni-Juli mendatang. “Paling tidak itu yang akan membantu, khususnya pelajar dari Bali yang tour,” kata Sudiartha.

Hal senada disampaikan I Wayan Sudiarta seorang pengusaha angkutan di Denpasar. “Khusus untuk angkutan domestik, khususnya angkutan lokal sudah menurun,” ucap pria asal Tabanan.

Hal ini karena aktivitas keramaian yang memerlukan tambahan armada berkurang. Tambahan permintaan angkutan untuk wisatawan domestik (wisdom), biasanya pada akhir pekan saja. “Namun demikian, Juni depan untuk domestik akan pulih kembali,” ujarnya.

Sebaliknya untuk angkutan wisatawan mancanegara (wisman) masih ramai. Hal itu karena kunjungan wisman belakangan ini semakin meningkat. 7 K17

Komentar