nusabali

PKK Tabanan Berkomitmen dalam Kegiatan Sosial

  • www.nusabali.com-pkk-tabanan-berkomitmen-dalam-kegiatan-sosial
  • www.nusabali.com-pkk-tabanan-berkomitmen-dalam-kegiatan-sosial

TABANAN, NusaBali - Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri kegiatan Pasar Rakyat yang digelar PKK Kabupaten Jembrana di jaba Pura Jagatnata, Jumat (26/5).

Kehadiran tersebut sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap program PKK Provinsi Bali dalam melakukan aksi sosial. 

Kegiatan dengan tema 'Berbelanja dan Berbagi' dipimpin oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster dan disambut oleh tuan rumah, Ketua TP PKK Jembrana Candrawati Tamba beserta Sekda Jembrana dan Kepala OPD. Terkait, aksi sosial ini juga dihadiri oleh seluruh Ketua TP PKK se-kabupaten/kota di Bali beserta pengurus. 

Pasar Rakyat PKK merupakan kegiatan aksi sosial, sebagai wujud kepedulian dan gotong royong dengan konsep dasar berbelanja dan berbagi. Aksi ini merupakan ide dan inovasi dari Ketua TP PKK Provinsi Bali guna membangkitkan perekonomian IKM/UMKM para pengrajin dan pedagang di Bali, serta membantu masyarakat. 

Dalam kegiatan Pasar Rakyat di Jembrana, sebanyak 300 tas belanjaan bantuan diterima masing-masing peserta dengan kriteria lansia dan masyarakat yang kurang mampu dari dua kecamatan, yakni Jembrana dan Negara. 

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 55 pedagang yang terdiri dari UMKM dan IKM, dengan rincian sebanyak 27 perajin, KWT 16 orang dan kuliner 16 orang.
 

Di kesempatan itu, Ketua PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menyampaikan beberapa poin penting terkait solidaritas dan sinergitas masing-masing TP PKK di kabupaten/kota di Bali untuk mensosialisasikan program-program kerja ke masyarakat. 

“Tugas kami di Provinsi adalah berkoordinasi dengan para ketua, selalu sosialisasikan aturan yang diberikan pemerintah, ajak peran serta masyarakat, sehingga tercapainya harapan ke depan karena visi dari PKK adalah untuk mewujudkan anak bangsa yang sehat, cerdas, berdaya guna dan berdaya saing tinggi tetapi berakhlak mulia dan berbudipekerti luhur," ujarnya. 

Dia juga menyampaikan urusan utama PKK adalah menyapa langsung masyarakat, membangkitkan partisipasi aktif masyarakat, tetap solid dan mampu berkoordinasi dalam jenjang struktur organisasi. Sebab PKK tidak bisa bergerak sendiri-sendiri harus saling terkoordinasi dan terkonsolidasi dari desa hingga ke pusat. “Dengan begitu ketika kita melakukan kegiatan, masyarakat tangguh Indonesia akan semakin bertumbuh," kata Putri Suastini Koster. 

Dengan kondisi itulah Ketua PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya berkomitmen menanamkan semangat untuk bergerak bersama dalam menyukseskan 10 program unggulan PKK. 

“Kami di Tabanan memiliki komitmen, untuk selalu bersinergi dalam kegiatan dan aksi sosial seperti hari ini yang digelar di Jembrana. Kami juga terus melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat Tabanan untuk menyukseskan visi misi serta tujuan dari PKK mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten dan nanti ke Provinsi. Jadi apa yang disampaikan Bunda Putri Koster hari ini juga sebagai motivasi bagi kami, untuk terus berinovasi memberdayakan masyrakat, melalui 10 program pokok dan bergerak bersama menuju keluarga sejahtera demi mewujudkan Indonesia Tangguh," katanya. 7des

Komentar