nusabali

Orhiba Buleleng Wujudkan Hidup Sehat

  • www.nusabali.com-orhiba-buleleng-wujudkan-hidup-sehat

SINGARAJA, NusaBali - Olahraga Hidup Baru (Orhiba) yang disebut juga olahraga badan daging melihat langit biru merupakan salah satu olahraga yang sangat sederhana, mudah dan praktis.

Olahraga ini biasa dilakukan dimana dan kapan saja yang hanya memerlukan waktu 5 sampai 10 menit setiap kali latihan.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika menghadiri sekaligus membuka kegiatan seminar Yayasan Orhiba Singaraja di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat (26/5).

Dalam membacakan sambutan Pj Bupati Buleleng, Kadis Astika menyampaikan terima kasih kepada anggota Yayasan Orhiba dalam mewujudkan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah untuk memajukan olahraga.

Lebih lanjut, pihaknya menyambut baik atas seminar yang diselenggarakan,  semoga di Buleleng dapat menjalankan perannya dan mampu melakukan kontribusi baik dengan lembaga pemerintah, serta memberikan dukungan, perhatian terhadap upaya pengembangan Orhiba di Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Yayasan Orhiba, Made Teja mengatakan sikap dan perilaku Orhiba Singaraja berlandaskan Tri Hita Karana yang mana akan meningkatkan hubungan baik dan benar manusia dengan Tuhan. 

Selain itu, Made Teja menyampaikan Orhiba juga dapat meningkatkan hubungan manusia dan manusia dengan melakukan hidup cinta kasih serta hidup berdamai. Saling mengasihi, baik cinta kasih itu dilakukan dalam ruang lingkup keluarga, sesama masyarakat dan alam lingkungan.

"Dimana-mana sebelum melakukan Orhiba, kami melakukan kegiatan pemungutan sampah yang peduli terhadap alam lingkungan," terangnya.

Olahraga Orhiba bertujuan untuk hidup sehat, memiliki mental yang kuat dalam kondisi apapun dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama masing-masing. Adapun tema seminar ini yakni ‘Orhiba Menyehatkan Jiwa dan Raga’.

Seminar ini dilakukan pertama kali yang diikuti sebanyak 800 peserta warga Orhiba di Kabupaten Buleleng. 7

Komentar