nusabali

Pemkot dan Komunitas Malu Dong Gelar Beach Clean Up di Pantai Sanur

  • www.nusabali.com-pemkot-dan-komunitas-malu-dong-gelar-beach-clean-up-di-pantai-sanur
  • www.nusabali.com-pemkot-dan-komunitas-malu-dong-gelar-beach-clean-up-di-pantai-sanur
  • www.nusabali.com-pemkot-dan-komunitas-malu-dong-gelar-beach-clean-up-di-pantai-sanur

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana mengikuti aksi Beach Clean Up atau bersih-bersih pantai, sepanjang kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan, Jumat (26/5). 

Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama Pemkot Denpasar bersama Komunitas Malu Dong ini bertujuan untuk bergerak bersama menjaga kebersihan Pantai Sanur sebagai destinasi wisata utama Kota Denpasar.

Selain itu, kegiatan yang melibatkan ratusan peserta ini juga menggandeng beberapa komunitas. Mulai dari pelajar SMP, SD, TK/PAUD, SLB, komunitas ekspatriat, mahasiswa termasuk pimpinan OPD serta pegawai di lingkungan Pemkot Denpasar. 

Ketua Komunitas Malu Dong Komang Sudiarta, mengatakan beach clean up merupakan aksi sosial guna membersihkan Pantai Mertasari Sanur. Persoalan sampah, khususnya kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama. Karenannya, sudah menjadi kewajiban kita untuk menyelesaikannya. 

“Hari ini kita berkumpul dengan tujuan yang satu, yakni untuk membersihkan pantai atau beach clean up di sekitar Pantai Mertasari. Karena ini adalah persoalan kita bersama, kita bersama yang harus menyelesaikannya,” kata Komang Sudiarta. 


Dijelaskannya, aksi sosial kali ini difokuskan untuk memungut sampah anorganik. Sedangkan sampah organik telah ditangani langsung oleh Dinas LHK Kota Denpasar. Kegiatan ini diharapkan mampu menggugah perilaku baik diri sendiri dan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. 

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama ini bisa mengubah perilaku kita, termasuk perilaku masyarakat di sekitar. Harapan kami, semoga yang dilaksanakan pada hari ini, bersama masyarakat dapat menjaga dan merawat lingkungan pantai ini tetap bersih,” harapnya. 

Walikota Jaya Negara didampingi Wawali Arya Wibawa memberikan apresiasi atas pelaksanaan beach clean up ini. Ini merupakan aksi positif dalam membantu pemerintah dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan, terutama kebersihan pantai. 

Berkenaan dengan peninjauan infrastruktur Pantai Sanur, Walikota Jaya Negara menjelaskan bahwa pihaknya ingin memastikan infrastruktur penunjang pariwisata di kawasan tersebut beroperasi secara optimal. Utamanya fasilitas toilet, jogging track, pedestrian, dan sentra UMKM. Termasuk juga rancangan pembuatan pos life guard untuk menjaga dan memastikan keamanan pengunjung Pantai Sanur. 

“Sembari bersih-bersih pantai, kita juga tadi meninjau fasilitas dan infrastruktur penunjang kawasan Pantai Sanur. Ke depan juga akan kita optimalkan serta sudah dirancang pembuatan pos life guard dan infrastruktur lainnya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung Pantai Sanur,” ujar Walikota Jaya Negara. 7 bin 

Komentar