nusabali

Mantan Panglima TNI Minta TNI-Polri Bersinergi Layaknya Upin dan Ipin

  • www.nusabali.com-mantan-panglima-tni-minta-tni-polri-bersinergi-layaknya-upin-dan-ipin

MANGUPURA, NusaBali.com - Pesan yang tidak biasa disampaikan oleh mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto terkait sinergitas TNI dan Polri.

Panglima TNI Ke-20 dari matra udara ini berharap TNI dan Polri sebagai kakak-adik yang lahir dari 'rahim' Angkatan Bersenjata RI (ABRI) selalu menjaga kekompakan. Terlebih lagi situasi sudah memasuki tahapan Pemilu 2024.

"Saya ingatkan lagi sinergi TNI dan Polri harus tetap dijaga. (Saya) berbicara (sebagai) mantan Panglima TNI," buka Hadi saat menghadiri acara Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Puspem Badung, Kamis (26/5/2023) sore.

Awalnya, lulusan Akademi Angkatan Udara 1986 ini mengabsen unsur TNI dan Polri di Forkopimda Provinsi Bali dan Kabupaten Badung. Hadi senang mendapati komponen TNI-Polri di berbagai lini sudah hadir di acara itu.

Hadi yang juga Menteri ATR RI menjelaskan, keharmonisan TNI-Polri adalah kunci untuk menjaga kondusivitas di tengah masyarakat. Kalau dua aparat militer dan semi-militer ini sudah bersatu, kata mantan KASAU, masyarakat bakal tenang.

"Masyarakat itu kalau sudah melihat TNI dan Polri berjalan berdua ke kampung-kampung seperti Upin dan Ipin, masyarakat tenang," tutur Hadi jenaka menyiratkan pesan.

Filosofinya, TNI dan Polri harus bersikap seperti saudara kandung dan memiliki visi yang sama untuk negara. Sikap ini sudah selayaknya sosok kembar identik Upin dan Ipin.

Apalagi, melihat catatan sejarah, TNI dan Polri era reformasi memang lahir dari 'rahim' yang sama yakni ABRI. Baru kemudian tahun 1999 saat awal reformasi, Kepolisian Republik Indonesia yang sempat menjadi angkatan keempat dipisahkan dari ABRI.

Seperti saudara kandung, perselisihan antarsaudara juga kerap terjadi pasca pemisahan itu. Namun dari masa ke masa, sinergi dua lembaga negara lahir dari satu 'rahim' beda 'takdir' (baca: fungsi) ini kembali menggaungkan sinergitas sebagai sosok saudara sejati.

"Jadi, tetap jagalah (sinergi) seperti Upin dan Ipin," tandas Hadi Tjahjanto. *rat

Komentar