nusabali

Tahan ManCity, Brighton ke Liga Europa

  • www.nusabali.com-tahan-mancity-brighton-ke-liga-europa

BRIGHTON, NusaBali - Brighton & Hove Albion sukses mengamankan satu tempat di babak grup Liga Europa 2023/2024. Keberhasilan ini diraih usai imbang lawan Manchester City 1-1, pada laga pekan ke-32 Liga Primer Inggris, Kamis (25/5) dinihari WITA, di Amex Stadium.

The Seagulls tampil sangat ambisius pada laga tersebut. Pasalnya, mereka mengetahui satu poin akan menjamin posisi keenam di klasemen Liga Inggris dan satu tempat di Liga Europa musim depan.

Hasil itu tak mengubah posisi ManCity yang sudah juara dan di urutan pertama dengan 89 poin. Sedangkan Brighton tetap peringkat keenam dengan 62 poin. Hasil itu sudah cukup bagi The Seagull untuk berkompetisi di Liga Europa musim depan.

Usai laga Manajer ManCity Pep Guardiola memuji penampilan lawannya. Dia menilai Brighton pantas bermain di kompetisi Eropa. Pep pun mengucapkan terima kasih banyak, dan dia berpikir itu pujian terbesar untuk Brighton dan ManCity sendiri. 

“Kedua tim ingin bermain dengan dan tanpa bola Keduanya menunjukkan agresif, gol luar biasa, terutama Enciso,” kata Pep. 

Manchester City unggul lebih dulu melalui Phil Foden sebelum Brighton menyamakan skor melalui gol Julio Enciso.  Brighton sempat menjebol gawang City di menit ke-32 lewat Kaoru Mitoma. Namun, gol tersebut tidak disahkan wasit karena handball.

Brighton menyamakan kedudukan pada menit ke-38 lewat Julio Enciso dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Danny Welbeck juga sempat mencetak gol sebelum turun minum, tapi golnya tidak dianggap karena offside. 

Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi mengaku laga penentuan kelolosan ke Liga Europa merupakan salah satu yang terberat bagi timnya musim ini. 

Meskipun sulit, De Zerbi mengaku puas dengan hasil dan permainan di laga tersebut. Menurutnya, Brighton sangat pantas mewakili Premier League untuk kompetisi Liga Europa musim depan.

Hasil imbang yang didapatkan Brighton tidak akan ada tanpa kehadiran gelandang serang Julio Enciso. Pemain asal Paraguay tersebut mencetak gol spektakuler yang menjadi penyama kedudukan Brighton. De Zerbi mengaku kagum dengan gol Enciso melalui tendangan roket jarak jauh. 

De Zerbi mengaku dirinya beruntung telah memilih Brighton sebagai tim dalam perjalanan kariernya. Pasalnya bersama Brighton, De Zerbi tergolong memainkan musim yang sangat sukses.

Tiba menggantikan posisi Graham Potter yang dibajak Chelsea, De Zerbi mampu membawa Brighton tampil meroket. De Zerbi yang tidak merencanakan masuk enam besar bahkan merasa beruntung mendapatkan para pemain yang mampu bekerja sama dengan baik. *

Komentar