nusabali

Nelayan Yeh Gangga Sepi Tangkapan Ikan

  • www.nusabali.com-nelayan-yeh-gangga-sepi-tangkapan-ikan

TABANAN, NusaBali - Nelayan Yeh Gangga, di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan krisis tangkapan ikan sejak sebulan terakhir. Belum diketahui penyebab pastinya. Yang jelas nelayan menjadi sulit memenuhi kebutuhan dapur.

Ketua Nelayan Darma Murti Yeh Gangga, I Kadek Wita mengatakan, sebenarnya gelombang untuk melaut sangat stabil. Hanya saja tangkapan ikan yang tidak maksimal. "Semua jenis ikan sepi, baik itu ikan dorang, layur, maupun lobster," akunya, Kamis (25/5). 

Kata dia belum diketahui pasti penyebab krisisnya tangkapan. Padahal, segala macam termasuk sudah melakukan upacara hasil tangkapan minim. "Kalau melaut dengan tangkapan sepi jelas rugi. Karena sekali melaut itu perlu 10 liter solar dengan dicampur oli memerlukan biaya sekitar Rp 100 ribu," tegas Dek Wita, sapaan  akrabnya. 

Kondisi ini pun jelas dia sudah sempat menginformasikan kepada Ketua DPRD Tabanan Made Dirga supaya nelayan Yeh Gangga dibantu sembako. Namun kondisi sepinya tangkapan tak hanya terjadi di wilayah Yeh Gangga, namun juga sampai ke nelayan Soka, Kecamatan Selemadeg Barat. 

Ditambahkan untuk harga ikan di pasaran sendiri sekarang cukup stabil. Sekelas ikan  Dorang per kilogram, dengan ukuran satu kilogram dihargai sekitar Rp 180 ribu. Kalau di bawah itu, kisaran 4 ons - 6 ons dihargai Rp 115 ribu dan Rp 150 ribu. Sedangkan untuk layur dan lobster sudah tidak ada di perairan Tabanan dalam satu bulan terakhir. 7des

Komentar