nusabali

Desa Wisata Didorong Perkuat Branding

  • www.nusabali.com-desa-wisata-didorong-perkuat-branding

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2023 di Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Kamis (25/5).

Pelatihan ini diikuti 45 peserta dari 3 desa wisata yaitu Desa Wisata Aan, Desa Wisata Bakas, dan Desa Wisata Paksebali. 

Bupati Suwirta menekankan pengelolaan desa wisata memerlukan orang-orang yang memiliki komitmen kuat dan serius untuk fokus memajukan desa. Selain komitmen SDM, pemenuhan modal juga menjadi hal yang penting dalam mengelola desa wisata. Saat SDM dan modal terpenuhi baru manajemen pengelolaan desa wisata yang diperjelas, baik mengenai tupoksi, business plan, dan pelaporannya. 

“Setelah komitmen SDM, modal, dan manajemen ini terpenuhi barulah kita kuatkan desa wisata dengan promosi. Kita buat pembeda yang membuat orang tertarik, manfaatkan media sosial agar branding desa wisata kuat sehingga kunjungan terus berdatangan," ujar Bupati Suwirta.

Inovasi atau spirit Gema Santi juga harus dimasukkan dalam pengelolaan desa wisata, dilanjutkan dengan evaluasi secara konsisten. “Kita harus semangat berinovasi, buat branding yang kuat, di masa sekarang siapa yang digitalnya kuat merekalah yang akan menang,”pesan Bupati Suwirta. Hadir, Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati. 7 wan

Komentar