nusabali

Posyandu Paripurna, Layanan Kesehatan untuk Tiga Generasi

  • www.nusabali.com-posyandu-paripurna-layanan-kesehatan-untuk-tiga-generasi

DENPASAR, NusaBali.com - Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) identik dengan layanan kesehatan untuk ibu dan anak. Tidak dengan Posyandu Paripurna di Denpasar ini yang juga mencakup lansia.

Seperti pada Kamis (25/5/2023) pagi di Lingkungan/Banjar Pemeregan, Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat. Posyandu yang digodok TP PKK Kota Denpasar melayani puluhan ibu hamil, balita, dan kalangan lansia.

"Sebagai layanan kesehatan berbasis masyarakat, Posyandu Paripurna sangat penting untuk meningkatkan taraf kesehatan ibu hamil, balita, dan lansia di Kota Denpasar," buka Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara.

Di samping melakukan pemantau kesehatan tiga generasi, Posyandu Paripurna juga menjadi perantara Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Kata Antari, PMT dapat mendukung pemenuhan gizi generasi penerus dan generasi uzur dengan lebih optimal.

Istri Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menyebut kesehatan warga tidak hanya soal jasmani tapi juga rohani. Oleh karena itu, Posyandu Paripurna juga dinilai mampu memenuhi kebutuhan rohani warga lantaran saling bertemu dan bercengkerama sesama generasi lebih dekat.

"Saya harap para lansia, ibu hamil, dan warga yang memiliki balita tetap rutin memanfaatkan program ini. Selain untuk pengecekan kesehatan, ajang bertemu dengan sejawat juga tidak kalah penting," imbuh Antari.

Sementara itu, Lurah Pemecutan IB Agung Upawana Manuaba mengaku siap menindaklanjuti program Posyandu Paripurna. Usai kegiatan pada Kamis pagi ini, dia bakal menghimpun sinergi di Pemerintah Kelurahan Pemecutan.

"Kami akan selalu berkoordinasi dengan setiap kepala lingkungan guna memastikan para ibu hamil, lansia, dan juga balita rutin memanfaatkan Posyandu Paripurna," ujar Agung Upawana. *rat

Komentar