nusabali

Pedagang Kain Mulai Pindah ke Pasar Kidul

  • www.nusabali.com-pedagang-kain-mulai-pindah-ke-pasar-kidul

BANGLI, NusaBali - Sejumlah pedagang kain yang sebelumnya berjualan di Pasar Loka Crana, Bangli, kini mulai menempati kios di Pasar Kidul, Bangli. Puluhan pedagang akan menempati kios di pasar yang posisinya menyudut dengan Pasar Loka Crana.

Untuk diketahui, pemindahan pedagang dari Pasar Loka Crana ke Pasar Kidul karena Pasar Loka Crana menjadi areal perkantoran. Saat ini sudah ada empat OPD yang berkantor di Pasar Loka Crana. Setelah kios ditinggalkan oleh pedagang, maka nantinya akan dilakukan renovasi untuk dijadikan kantor.

Kepala Pasar Kidul Bangli Dewa Agung Adi Oka mengatakan, kios diperuntukan bagi pedagang aktif yang sebelumnya berjualan di Pasar Loka Crana. 87 kios diperuntukan bagi pedagang. Kemudian untuk menjaga transparasi dalam proses penentuan kios bagi pedagang,  dilakukan pengundian.

Untuk menghindari agar jangan sampai ada pedagang hanya berburu tempat saja, pihak Dinas Perdagangan  telah membuat surat perjanjian dengan pedagang," jelasnya Rabu (24/5).

Ada delapan poin dalam perjanjian tersebut, salah satunya pengenaan sanksi bagi pedagang tidak bayar retribusi selama seminggu berturut-turut tanpa ada pemberitahuan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kepala Pasar asal Desa Jehem, Kecamatan Tembuku ini menambahkan, batas akhir para pedagang  pasar Loka Crana  menempati kios di pasar Kidul per 1 Juni 2023. Pantauan di lokasi, tampak beberapa pedagang melakukan pembersihan kios yang nantinya akan ditempati.7esa

Komentar