nusabali

Propam Polres Gianyar Cek Senpi Anggota

  • www.nusabali.com-propam-polres-gianyar-cek-senpi-anggota

GIANYAR, NusaBali - Propam Polres Gianyar melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) organik di Mapolres Gianyar, Selasa (23/5). Pengecekan ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api yang dipinjam pakai oleh anggota.

Pemeriksaan dipimpin Kapolres Gianyar AKBP I Ketut Widiada diikuti seluruh anggota pemegang senpi. 

Kapolres Gianyar AKBP I Ketut Widiada menjelaskan, pemeriksaan untuk mengecek baik dan tidaknya kondisi senpi. Harapannya, saat digunakan tidak terjadi permasalahan. “Total 18 senpi yang kami periksa. Dipegang oleh anggota sesuai surat izinnya,” ujar AKBP Widiada. 

Menurutnya, pemeriksaan senpi dilakukan secara berkala, tiga bulan sekali. Tujuan lainnya mencegah terjadinya pelanggaran disiplin anggota. “Kami berikan arahan cara penggunaan maupun aturan yang berlaku tentang penggunaan senjata api,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, dari 18 senpi seluruhnya dalam keadaan baik. Begitu juga dengan jumlah amunisinya masih lengkap. Kapolres mendorong anggota yang memegang senpi untuk rutin melakukan tes psikologi agar emosinya stabil sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Senpi yang dipinjampakaikan itu bukan sekadar untuk gaya-gayaan, namun sebuah amanah yang harus dijaga dengan baik. “Sedikit saja pelanggaran yang berhubungan dengan senpi tidak bisa ditolerir, maka pemeriksaan dilakukan secara berkala,” ujar AKBP Widiada. 7 nvi

Komentar