nusabali

Memuaskan, Atlet Bali di SEA Games Kamboja

  • www.nusabali.com-memuaskan-atlet-bali-di-sea-games-kamboja

DENPASAR, NusaBali - KONI Provinsi Bali mengakui capaian prestasi atlet Bali yang membela Kontingen Indonesia di ajang SEA Games XXXII/2023 Kamboja.

Atlet Pulau Dewata berhasil menyumbangkan menyumbangkan 10 emas dari 87 medali emas yang disabet Indonesia pada pesta olahraga Asia Tenggara dua tahun tersebut. "Bagi kita itu kontribusi yang sangat maksimal, dari sekian provinsi yang atletnya membela tim merah putih di ajang SEA Games Kamboja," ucap Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Selasa (23/5). 

Kontingen Indonesia berada di posisi tiga besar di bawah Vietnam dan Thailand dengan  meraih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu, total 276 medali. Dari jumlah tersebut, atlet Bali berhasil menyumbangkan 10 emas, 8 perak, dan 18 perunggu dengan total 36 medali. 

"Kontribusi atlet Bali untuk Indonesia selalu tinggi tiap gelaran SEA Games, itu artinya kita tahu dimana posisi Bali sesungguhnya di nasional yang selalu berada di papan atas," tegas Oka Darmawan. 

Mantan Ketum Perbasi Bali ini mengatakan seandainya setiap provinsi menyumbangkan 10 medali emas, capaian Kontingen Indonesia bakal cukup banyak. "Posisi atlet Bali jelas sangat diperhitungkan di level nasional, karena terbukti mampu menunjukkan bukti prestasi di ajang SEA Games," terang Oka Darmawan. 

Pensiunan birokrat di Pemkab Badung itu menegaskan dari 14 cabor atlet Bali tampil di SEA Games Kamboja, hanya 1 tanpa medali yakni cabor esports. Meski begitu persentase capaian di tingkat SEA Games, dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia, posisi Bali masih cukup bagus. 

Kata dia, terlepas dari semua itu yang bertanggungjawab adalah masing- masing cabor. KONI Bali hanya sifatnya mengkoordinasikan. 

Oka Darmawan yang juga mantan Waketum KONI Bali menambahkan, atlet Bali yang berhasil menyumbangkan medali emas di SEA Games yakni Sayu Bella Sukma Dewi atlet balap sepeda menyumbangkan 2 medali emas, Manik Trisna Dewi Wetan atlet Vovinam sumbangkan 2 emas, Maria Natalia Londa atlet atletik, Felix Viktor Ibere atlet renang, Ni Made Purnami atlet Vovinam, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma atlet basket 5x5 putri, beregu putri atlet Cricket (Lia Qiau, Ni Kadek Arini, Ni Wayan Sariani, Ni Putu Ayu Nanda Sakarini, Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi, Ni Kadek Fitria Rada Rani), serta atlet sepak bola Komang Teguh Trisnanda sama- sama menyumbangkan sekeping medali emas. 7dek

Komentar