nusabali

Bank Sampah Kumpulkan 245 Kg Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-bank-sampah-kumpulkan-245-kg-sampah-plastik

AMLAPURA, NusaBali - Bank Sampah Sentral Amlapura milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem, mengumpulkan 245 kilogram sampah anorganik jenis plastik dan sampah botol dari 45 nasabah. Pengumpulan ini melalui pembelian.

"Semua pembelian sampah plastik dan sampah botol masuk rekening nasabah. Biasanya jelang hari Galungan, nasabah menarik tabungannya untuk keperluan hari raya," jelas Kepala DLH Karangasem I Nyoman Tari, di sela-sela penimbangan sampah di Bank Sampah Sentral Amlapura, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Senin (22/5).

Kata Tari, sampah ini terhimpun dari Pasar Rakyat Subagan, Jalan Gunung Agung, 42 kilogram. Sampah dari nasabah langsung ke Bank Sampah Sentral, jenis sampah botol plastik 83 kilogram dan sampah plastik 64 kilogram, bling warna 4 kilogram, omplong 10 kilogram, dan sampah campuran 42 kilogram.

DLH, kata Tari, membeli sampah dari nasabah, yakni sampah botol bir besar Rp 1.000 per kilogram, botol bir kecil Rp 500 per kilogram, plastik campur Rp 400 per kilogram dan lain-lain.

Menurut Tari, masyarakat berpeluang mendapatkan rezeki dengan cara memilah sampah plastik dan botol. Namun sampah ini agar dipilah dari sampah organik. Karena Bank Sampah Sentral Amlapura akan membeli  sampah tersebut.

Kata Tari, pembelian sampah itu karena DLH telah meniadakan tong sampah di pinggir jalan, dengan harapan sampah dipilah dari rumah. Maka, petugas kebersihan bisa lebih ringan angkut sampah atau sampah organik.7k16

Komentar