nusabali

Klungkung Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-115

  • www.nusabali.com-klungkung-peringati-hari-kebangkitan-nasional-ke-115

SEMARAPURA, NusaBali - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Klungkung mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023 di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung, Senin (22/5). Inspektur upacara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan Bupati Suwirta mengatakan, 115 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 oleh dr Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Arisen (STOVIA). Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain.

Dengan misi mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. "Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi," ujar Bupati Suwirta.

Langkah tersebut sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi. "Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan," ujarnya.

Hadir Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (Forkompinda) Kabupaten Klungkung, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, dan undangan lainnya. 7 wan

Komentar