nusabali

Dewan Minta Pemkab Cari Solusi Cegah Kecelakaan Laut

  • www.nusabali.com-dewan-minta-pemkab-cari-solusi-cegah-kecelakaan-laut

SEMARAPURA, NusaBali - Anggota DPRD Klungkung, I Made Jana, menyoroti wisatawan digulung ombak saat mandi di Pantai Kelingking, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Politisi asal Nusa Penida ini meminta Pemkab Klungkung menempatkan petugas di Pantai Kelingking.

Made Jana mengatakan, pemerintah sempat menutup akses menuju bibir Pantai Kelingking untuk keamanan. Namun, berdampak terhadap pencarian masyarakat setempat. "Maka pemerintah harus mencari solusi, ada jalan tengah yakni dengan menempatkan orang di situ (penjaga pantai)," ujar Jana, Senin (22/5).

Dengan adanya petugas bisa melakukan pencegahan dini untuk menghindari wisatawan digulung ombak besar. Sebab ombak Pantai Kelingking berada di laut lepas sehingga ombak cenderung besar dan terjadi sewaktu-waktu. "Kami tidak ingin kejadian ini terus terjadi karena juga bisa berdampak luas terlebih di tengah digitalisasi," kata Jana. Dia juga mengimbau wisatawan untuk turut menjaga keamanan saat berwisata. 

Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati mengatakan terkait peningkatan pengawasan larangan berenang di Pantai Kelingking, sudah merancang usulan penambahan tenaga balawista atau pengaman pantai untuk meningkatkan keamanan di destinasi wisata. "Selain itu kami juga mengharapkan peran serta seluruh pelaku pariwisata sesuai SE Bupati tentang keselamatan dan keamanan wisatawan di kawasan pariwisata Nusa Penida untuk menjaga dan mengingatkan tamu agar tidak berenang pada pantai-pantai yang sudah dipasang papan peringatan larangan berenang," kata Sulistiawati.

Pengawas pantai di Nusa Penida sàat ini ada 5 orang untuk mengawasi seluruh pantai di Nusa Penida. "Untuk peringatan larangan berenang sudah kami pasang di Pantai Kelingking," kata Sulistiawati.

Sebelumnya, wisatawan mancanegara asal Jerman, Nelly, 29, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (20/5) sore. Akibatnya korban mengalami cedera bahu. 7 wan

Komentar