nusabali

Guru di Buleleng Ditantang Inovasi Pendidikan

  • www.nusabali.com-guru-di-buleleng-ditantang-inovasi-pendidikan

SINGARAJA, NusaBali - Seluruh guru di jenjang SD dan SMP di Kabupaten Buleleng ditantang untuk berinovasi dalam dunia pendidikan.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng menyiapkan wadah dengan menggelar Gema Nasional Pendidikan Inovatif (Ganapati) 2023. Kompetisi ini digelar bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation, dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis digital di Buleleng.

Penjabat (Pj) Buleleng Ketut Lihadnyana saat membuka Ganapati secara daring, Senin (22/5), mengatakan dengan sistem dan kurikulum merdeka saat ini, guru dan tenaga pendidik harus cepat menyesuaikan diri. Kurikulum baru di era digitalisasi ini menuntut seluruh elemen di satuan pendidikan beradaptasi cepat, terutama di bidang teknologi digital.

“Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan berbasis digital di Buleleng. Ini menjadi langkah bersama menyemarakkan Kurikulum Merdeka Belajar yang cepat dan tepat,” ungkap Lihadnyana.


Dia mengungkapkan saat ini Pemkab Buleleng juga tengah menyiapkan anggaran untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Pendidikan di tengah-tengah kota Singaraja. Rancangannya tempat ini akan disiapkan untuk pelajar maupun mahasiswa di Buleleng melakukan pembelajaran digital. Tempat ini juga akan dilengkapi sarana penunjang digitalisasi.

Sementara itu dalam arahan Head of Implementation Putera Sampoerna Foundation, Agastya Yogi Swara, menyampaikan kerja sama dengan Pemkab Buleleng telah terjalin tahun 2020. Kerja sama di dunia pendidikan ini dimulai dengan menjadikan SMPN 8 Singaraja sebagai pilot project sekolah mercusuar. Berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMPN 8 Singaraja difasilitasi Putera Sampoerna Foundation. Mulai dari pelatihan inovatif berbasis digital.

“Mereka (SMPN 8 Singaraja) juga wajib menyebarluaskan ilmu tersebut kepada tenaga pendidik dan sekolah lainnya. Puncaknya adalah Ganapati ini. Semoga dapat memberikan ilmu terbaik kepada siswanya,” ujar Agastya. 

Ganapati akan dilaksanakan hingga tanggal 9 Juni mendatang. Peserta terbaik di masing-masing kategori akan memperebutkan Piala Bupati Buleleng, melalui Ganapati Award. 7k23

Komentar