nusabali

Daya Tampung SMP di Buleleng Memadai

Disdikpora Layani Pengajuan Pindah Rayon

  • www.nusabali.com-daya-tampung-smp-di-buleleng-memadai

Sebanyak 11.400 siswa SD di Kabupaten Buleleng bisa diserap oleh SMP-SMP yang ada yang memiliki daya tampung hingga 11.800 siswa.

SINGARAJA, NusaBali 
Menjelang akhir tahun ajaran 2022-2023, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng mulai bersiap melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kabupaten Buleleng, tahun ini akan ada 11.400 siswa Sekolah Dasar (SD) yang lulus. Jumlah lulusan itu diyakini akan tertampung di seluruh SMP yang ada di Buleleng. 

Dari total 72 SMP di Buleleng yang terdiri dari 56 SMP Negeri dan 16 SMP swasta memiliki daya tampung 11.800 siswa.  “Daya tampung SMP di Buleleng dipastikan mampu menyerap seluruh lulusan SD,” kata Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gede Surya Bharata, Minggu (21/5).

Ia pun tak menampik jika di beberapa titik masih menjadi zona rawan overload, seperti SMPN 2 Gerokgak dan SMPN 4 Singaraja.  “Rencana pembangunan SMPN 6 Gerokgak mudah-mudahan cepat disetujui. Kalau permohonan lahannya bisa disetujui, tahun ini bisa langsung membuka kelas untuk mengurai kepadatan di SMPN 2 Gerokgak,” terang Surya Bharata. 

Sedangkan untuk kepadatan calon siswa baru yang biasanya dialami SMPN 4 Singaraja, tahun ini akan diurai kembali ke SMPN 4 Sukasada dan SMPN 6 Singaraja zona terdekat. “Kepadatan di SMPN 4 Singaraja sudah dipetakan juga. Sebagian akan diurai ke SMPN 4 Sukasada yang sekarang sudah membuka double shift, selain juga masih bisa ke SMPN 6 Singaraja masih ada peluang optimalisasi rombel, dari 10 menjadi 11,” imbuh dia. 

Sementara itu proses PPDB tahun 2023/2024 akan dilaksanakan secara online penuh pada jenjang SMP. Sedangkan di jenjang SD akan dilakukan melalui online dan offline. Surya Bharata menyebut sejauh ini seluruh data siswa yang akan lulus tahun ini sudah masuk ke sistem dan server. Sehingga saat dimulai pendaftaran siswa hanya perlu mengikuti mekanisme dan memilih jalur pendaftaran. 

Untuk memaksimalkan layanan PPDB online, Disdikpora Buleleng juga sudah bersiap dengan vendor dan juga berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Santi. Proses PPDB online sepenuhnya akan memakai website resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng. 

Selain itu tahun ini Disdikpora Buleleng juga menyiapkan terobosan baru dalam proses PPDB. Yakni kemudahan layanan surat pindah rayon secara online. Permohonan surat pindah rayon sudah disiapkan akses link yang dapat diunduh. Orangtua siswa bersangkutan hanya perlu mengisi data pada Google Form yang telah disiapkan. Selanjutnya surat permohonan yang dikirim kembali ke website Disdikpora Buleleng akan ditandatangani oleh Kadisdikpora dengan tanda tangan digital. 

“Ini mempermudah proses, karena kami pengalaman menangani permohonan surat pindah rayon siswa saat pandemi Covid-19 yang rata-rata orangtua bekerja di luar daerah dengan jarak jauh mereka kehabisan waktu. Dengan terobosan ini pemohon tidak perlu datang ke kantor, cukup mengaksesnya lewat online,” tegas Surya Bharata. 7k23

Komentar