nusabali

Partai Ummat Tabanan Daftarkan Bacaleg, Seluruhnya Srikandi

  • www.nusabali.com-partai-ummat-tabanan-daftarkan-bacaleg-seluruhnya-srikandi

TABANAN, NusaBali - Partai Ummat di Tabanan akhirnya mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2024. Menariknya Bacaleg dari Partai Ummat ini seluruhnya perempuan berjumlah 20 orang.

Masing-masing dapil didaftarkan 5 orang calon. Partai Ummat melakukan pendaftaran pada Jumat (19/5) pagi sekitar pukul 10.48 Wita. 

Pendaftaran bacaleg bisa dilakukan setelah adanya tembusan surat dari KPU RI memberikan kesempatan pengajuan kembali Bacaleg terhadap parpol yang terkendala di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) saat jadwal pendaftaran. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Komisioner KPU Tabanan Luh Made Sunadi, mengatakan Partai Ummat bisa mendaftar kembali setelah adanya tembusan surat dari KPU RI. Tembusan surat itu ada dua, Nomor 495 dan Nomor 496 ditujukan kepada 7 parpol. 

Surat bernomor 495 ini ditembuskan kepada Partai Buruh, PKN, Garuda, Ummat, dan Perindo, kemudian surat bernomor 496 ditujukan kepada PPP dan Partai Gelora. 

“Tembusan surat itu pada intinya menyatakan partai yang sempat melakukan registrasi saat pendaftaran pada 1 – 14 Mei diberikan kesempatan mendaftarkan ulang,” kata Luh Sunadi, Sabtu (20/5). 

Dengan kesempatan tersebut, diakuinya Partai Ummat mendaftarkan Bacaleg mereka. Memang pada saat jadwal pendaftaran, Partai Ummat gagal mendaftarkan Bacaleg karena persyaratan pendaftaran tak lengkap, kemudian mendaftar sudah last minute. 

“Bacaleg yang didaftarkan totalnya 20 orang dan seluruhnya perempuan. Masing-masing dapil berisi calon, tiap dapil didaftarkan 5 orang calon,” jelas Luh Sunadi. 

Menurutnya dari surat tembusan yang ditujukan kepada 7 parpol, tidak semuanya mengajukan pendaftaran sampai batas pendaftaran pada Jumat (19/5) pukul 23.59 Wita. Hanya Partai Ummat dan Partai Perindo. Partai Perindo hanya menambah Bacaleg di Dapil 3 (Penebel–Baturiti) yang awalnya 3 Bacaleg menjadi 4 Bacaleg. “Partai Buruh dari awal sudah tidak ada. Kemudian PKN, PPP, Gelora, Garuda tidak menyampaikan perubahan hasil dari konfirmasi kami,” tegas Luh Sunadi. 

Sehingga saat ini dari 17 parpol di Tabanan yang lolos verifikasi administrasi seluruhnya mendaftarkan Bacaleg. Dan KPU Tabanan tinggal melakukan proses verifikasi administrasi. “Sekarang dari 17 parpol, seluruhnya mendaftarkan Bacaleg mereka,” ucap Luh Sunadi. 

Terpisah, Ketua Partai Ummat Wahono ketika dikonfirmasi mengaku sedang berada di rumah sakit. Dia melimpahkan untuk memberikan keterangan kepada Panitia Penyukses Partai Ummat Husni Abadi. 

“Maaf mbak saya sedang di rumah sakit, lebih jelasnya tanya kepada panitia pemenangan. Yang didaftarkan perempuan, untuk calon laki-laki ada namun bisa tim pemenangan dimintai keterangan ya,” katanya. 

Panitia Penyukses Partai Ummat Husni Abadi ketika dikonfirmasi via telepon, teleponnya diangkat orang lain. Disebutkan yang bersangkutan sedang mengisi acara di Baturiti. “Maaf, Bapak Husni sedang mengisi acara, saya tidak berani memberitahu karena masih mengisi acara,” katanya. 7 des

Komentar