nusabali

Bonus Peraih Medali SEA Games 2023, Pemerintah Gelontorkan Rp 275 Miliar

  • www.nusabali.com-bonus-peraih-medali-sea-games-2023-pemerintah-gelontorkan-rp-275-miliar

JAKARTA, NusaBali - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengonfirmasi pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp275 miliar untuk bonus peraih medali SEA Games 2023. Dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Sri Mulyani jga menyebutkan, bonus uang tersebut bukan hanya untuk atlet peraih medali SEA Games 2023. Pelatih hingga asisten pelatih juga akan mendapatkan bonus dari pemerintah.

"APBN mendukung penuh kontingen Indonesia pada perhelatan SEA Games kali ini. Melalui Kemenpora di bawah naungan Mas Menteri Dito Ariotedjo, dianggarkan APBN Rp275 Miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih) SEA Games ke-32," kata Sri Mulyani di akun Instagram-nya, Jumat (19/5).

Sri Mulyani juga ikut bangga dengan pencapaian Kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Menurut Sri Mulyani, raihan medali yang dipersembahkan untuk Indonesia sangat luar biasa.

Selain bonus SEA Games 2023, Sri Mulyani juga mengonfirmasi pemberian dana lainnya yang diatur dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dana akan tersedia untuk pembinaan atlet multi event.

"Rp 522 miliar untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi-event internasional," ucap Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani juga melaporkan pemerintah sepanjang SEA Games 2023 telah mengeluarkan dana sebesar Rp55,2 miliar. Dana itu digunakan untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja.

Indonesia sendiri finis di urutan ketiga pada klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023. Totalnya 276 medali, dengan rincian 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Pencapaian itu melebihi SEA Games sebelumnya di Vietnam, di mana Indonesia meraih 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Vietnam sendiri jadi juara umum SEA Games 2023 dengan total 359 medali, dengan perincian 36 emas, 105 perak, dan 118 perunggu. 

Kiprah Kontingen Indonesia sejatinya melampaui target Presiden Jokowi yang meminta lebih dari 69 medali emas. Selain itu, performa Kontingen Indonesia kali ini yang terbaik sejak 2011, sewaktu jadi tuan rumah dengan 182 medali emas.

Di SEA Games 2023, Tim Indonesia berhasil menjadi juara umum pada delapan cabor. Yakni wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Ada juga beberapa cabor yang berhasil mencetak sejarah, antara lain hoki dan cricket. Timnas hoki indoor putra dan timnas cricket putri kategori 6s untuk pertama kalinya meraih emas di SEA Games. *

Komentar