nusabali

Sering Rusak, Pipa Air Gamongan akan Dinormalisasi

  • www.nusabali.com-sering-rusak-pipa-air-gamongan-akan-dinormalisasi

BANGLI, NusaBali - Salah satu sumber mata air yang dimanfaatkan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli, yakni sumber mata air Gamongan. Namun pipa di sumber mata air  ini kerap rusak akibat bencana.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta berencana akan menormalisasi jaringan pipa transmisi tirta Gamongan, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli tersebut. Normalisasi ini guna dapat meningkatkan pelayanan Perumda  Air Minum Tirta Danu Arta. Hal tersebut disampaikan Bupati  Sang Nyoman Sedana Arta serangkaian HUT ke-37 Perumda Air Minum Tirta Danu Arta.

Dikatakan, jalur pipa transmisi yang mengikuti alur sungai Melangit sering kali hancur akibat diterjang tebing yang longsor. Akibatnya pendistribusian air ke pelanggan terganggu hingga berhari - hari. "Melihat kondisi medan yang berat dengan kemiringan hampir 75 derajat kami kadang hubungi direktur agar perbaikan jangan dilakukan hingga larut malam karena sangat beresiko.  Kami mengapresiasi  kerja keras dari karyawan Perumda  yang  berjuang keras  melakukan perbaikan," jelasnya.

Sesuai perencanaan, jelas Bupati, nantinya air dekat sumber mata air akan langsung ditarik ke atas. Penarikan memggunakan pompa, lanjut dialirkan ke posisi lebih tinggi dari tebing. Peningkatan pelayanan Perumda pada tahun 2022 dilakukan peningkatan kapasitas produksi mata air Pebini, Desa Catur, Kecamatan Kintamani.

Peningkatan kapasitas dilakukan lewat penambahan 5 unit pompa. Dengan penambahan kapasitas produksi beberapa daerah yang sebelumnya tidak terlayani kini sudah bisa dilayani Perumda Air Minum Tirta Danu Arta. "Sebelumnya tiga desa yakni Abang Batu Dingding, Abang Songan dan Suter, tidak tercover. Namun kini tiga desa tersebut sudah bisa  terlayani," ungkap Bupati Sedana Arta.7esa

Komentar