nusabali

Guruh dan Andini Wakili Bali di Paskibraka Nasional

Terakhir 2010, Kini Paskibraka asal Denpasar Lolos ke Nasional

  • www.nusabali.com-guruh-dan-andini-wakili-bali-di-paskibraka-nasional

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali telah menyelesaikan seleksi siswa-siswi SMA/SMK/sederajat yang akan mewakili Provinsi Bali menjadi anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2023 nanti.

Made Guruh Anggara Putra,16, (siswa SMA Negeri 1 Semarapura, Klungkung) dan Komang Andini Tria Amanda,15, (siswi SMA Negeri 9 Denpasar) meraih poin tertinggi pada proses seleksi yang berlangsung selama tiga hari 15-17 Mei 2023 bertempat di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati, Denpasar.  

"Tentu ini merupakan jerih payah yang rutin mereka lakukan baik di tingkat kabupaten ataupun seleksi provinsi," ujar Kepala Disdikpora Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Kamis (18/5). 

Ngurah Boy mengungkapkan proses seleksi dilaksanakan secara transparan dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten di bidang terkait paskibraka yakni TNI/Polri dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Bali. Ia berharap dua siswa yang terpilih mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya  untuk menjalani proses selanjutnya karantina di Jakarta nanti. "Ini adalah tugas negara yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh," ujarnya. 

Sedangkan Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Bali, I Made Dana Tenaya, menambahkan proses seleksi melibatkan 72 siswa-siswi. Masing-masing kabupaten/kota di Bali mengirim 4 pasang paskibraka. "Total peserta 72 orang dari 9 kabupaten/kota, di mana masing-masing kabupaten/kota mengirim 4 pasang paskibraka atau 4 putra, 4 putri," jelas Dana Tenaya. 


Dikatakan, dari seluruh peserta seleksi terpilih 19 pasang paskibraka terbaik. Dua peserta terbaik, putra dan putri, berhak mewakili Bali menjadi anggota Paskibraka Nasional 2023. Sementara itu peringkat 2-19 baik putra dan putri akan menjadi anggota Paskibraka pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 Provinsi Bali. Dan, peserta seleksi peringkat 20-36, putra dan putri, akan menjadi anggota paskibraka pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di masing-masing kabupaten/kota. 

Terpisah Kepala Bidang Idwasbang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Denpasar Ida Bagus Andika Manuaba mengatakan Kota Denpasar mengirim delapan orang perwakilan putra-putri terbaiknya dalam Capasda Provinsi Bali. "Untuk menentukan delapan putra-putri perwakilan Kota Denpasar tersebut, kami melakukan seleksi ketat terlebih dahulu. Delapan orang itu merupakan hasil seleksi dari 127 orang Capasda Kota Denpasar tahun 2023," katanya.

Delapan orang putra-putri yang terpilih mewakili Kota Denpasar tersebut kemudian bersaing untuk menjadi calon Paskibraka Nasional dan Provinsi Bali. Dari hasil seleksi tersebut terpilih satu orang perwakilan Kota Denpasar untuk calon Paskibraka Nasional dan lima orang calon Paskibraka Provinsi Bali.

Manuaba menambahkan, hasil yang diperoleh anak-anak Capasda dan Capasnas 2023 ini sangat membanggakan dan sangat mengharukan, mengingat dari tahun 2010 Kota Denpasar belum pernah mewakili Provinsi Bali untuk masuk di tingkat Nasional. "Kami sangat bangga setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya perwakilan putra-putri Denpasar terpilih menjadi calon Paskibraka Provinsi Bali dan calon Paskibraka Nasional untuk mewakili Bali," ujar Manuaba. Ia menyampaikan prestasi yang membanggakan dari putra-putri terbaik dalam seleksi calon Paskibraka Kota Denpasar tahun 2023 ini.

Dengan hasil yang telah diperoleh ini, pihaknya akan segera beraudiensi dengan Wali Kota Denpasar untuk menyampaikan hasil seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bali tersebut. Komang Andini Tria Amanda, siswa SMAN 9 yang terpilih mewakili Bali untuk menjadi calon Paskibraka Nasional mengatakan merasa bangga. Ia bersyukur dapat terpilih mewakili Bali ke nasional untuk menjadi calon Paskibraka Nasional. "Saya merasa bangga menjadi salah satu yang terpilih ke tingkat nasional," ujarnya. Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembinaan dilakukan Pemerintah Kota Denpasar melalui Kesbangpol Kota Denpasar, TNI, Polri, DPPI Kota Denpasar. 7 cr78, ant 

Komentar