nusabali

Periode Lebaran, Pelindo Bali-Nusra Layani 129 Ribu Penumpang

  • www.nusabali.com-periode-lebaran-pelindo-bali-nusra-layani-129-ribu-penumpang

DENPASAR, NusaBali - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Bali Nusra mencatatkan peningkatan jumlah arus penumpang mudik Lebaran yang cukup signifikan di wilayah kerjanya, yakni mencapai lebih  dari 129 ribu orang untuk embarkasi dan dembarkasi.

Jumlah ini meningkat sekitar 10 persen dibanding Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 118 ribu orang. Arus mudik lebaran dimulai dari 15 hari sebelum lebaran (H-15) hingga 7 Hari setelah lebaran (H+15).

CEO Pelindo Sub Regional Bali Nusra Ali Sodikin mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal utama Bali Nusra diantaranya adalah terminal Gili Mas di Pelabuhan Lembar yang mencapai 28 ribu penumpang, terminal penumpang Pelabuhan Tenau Kupang  mencapai 44 ribu penumpang.

 “Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan Pelabuhan Tenau Kupang mencapai 44 ribu penumpang. Ini menjadi indikasi bahwa sarana transportasi laut menjadi salah satu alternatif favorit untuk mudik tahun ini,”. ujar Ali Sodikin, Senin (15/5).

Dia memprediksi, peningkatan penumpang dipicu karena penambahan masa libur Lebaran  serta pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah.

Meskipun demikian, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkoordinasi berbagai pihak seperti kepolisian dan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

Sebelumnya Direktur Jenderal Hubla Arif Toha mengatakan  pelayanan angkutan mudik terutama di pelabuhan saat ini sudah cukup baik, sehingga para pemudik masyarakat cukup antusias menggunakan sarana transportasi ini.

“Terbukti dengan peningkatan jumlah pemudik jalur laut yan meningkat 3 kali lipat dari tahun sebelumnya,” ujarnya saat  kunjungan kerja  dalam rangka penutupan posko mudik  Lebaran di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, (Senin, 8/5).

Kemenhub juga mengapresiasi atas kesiapan dan kesigapan sejumlah pihak terutama Pelindo sebagai operator pelabuhan yang telah mengantisipasi lonjakan signifikan pemudik tersebut dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak dan menyiapkan segala sarana dan prasarana di terminalnya sehingga para pemudik bisa terlayani dengan baik.

Sebelumnya dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3  menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 terminal penumpang di bawah kelolaannya. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2023. K17.

Komentar