nusabali

Pohon Kelapa Tumbang Tutup Jalan

  • www.nusabali.com-pohon-kelapa-tumbang-tutup-jalan

AMLAPURA, NusaBali - Pohon kelapa panjang 15 meter, beriameter 30 cm, tumbang melintang di jalan raya di Banjar Tiyingseka, Desa / Kecamatan Bebandem, Karangasem, Minggu (14/5) pukul 20.50 Wita. Pohon ini juga menimpa kabel milik PT PLN.

Kelian Banjar Tiyingseka I Made Suardita melaporkan bencana itu ke Pos BPBD Karangasem. Atas laporan tersebut, 4 petugas BPBD membawa 2 chainsaw, dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa. Hadir pula, anggota Polsek dan Koramil Bebandem, serta perangkat desa.

Karena pohon kelapa itu menimpa kabel milik PT PLN, maka Ida Bagus Ketut Arimbawa berkoordinasi dengan petugas PT PLN. Karena masih ada daya listrik mengaliri kabel hingga petugas BPBD bisa aman saat penanganan pohon.

Dengan koordinasi dimaksud, petugas PT PLN dating dan  memutuskan aliran listrik itu untuk sementara. Setelah petugas PT PLN menyatakan aman, kabel tidak lagi teraliri listrik, maka berlanjut pemotongan batang pohon kelapa.

Selama ini, kata Ida Bagus Ketut Arimbawa, BPBD dalam menangani bencana, selalu bersinergi dengan masyarakat, petugas Polri, TNI, pemadam kebakaran, dan PT PLN. "Misalnya, jika ada pohon tumbang menimpa kabel listrik, mesti berkoordinasi dengan petugas PT PLN," jelasnya.


Kata dia, petugas BPBD tidak mau ambil risiko melakukan penanganan semasih strum listrik mengalir. Hal ini sangat membahayakan petugas di lapangan. Setelah petugas PT PLN menjamin aman, petugas BPBD melakukan penanganan bersama masyarakat.

Kata Ida Bagus Ketut Arimbawa, BPBD juga berharap agar masyarakat bisa mandiri melakukan penanganan, mengingat personal BPBD sangat terbatas. Apalagi di musim hujan, terjadi banyak pohon tumbang sehingga menyebabkan petugas kewalahan, dan peralatan terbatas.

Di bagian lain Kelian Banjar Tiyingseka I Made Suardita menyukuri, saat kejadian arus lalulintas sepi. "Biasanya jalur itu banyak truk lalu-lalang dan dekat pemukiman," jelas I Made Suardita. Pohon kelapa tumbang tersebut milik warga, I Wayan Sudarma. Penyebab tumbang karena struktur tanah di lokasi kejadian labil, apalagi sebelumnya terguyur hujan lebat.

Perbekel Bebandem I Gede Partadana juga mengaku dapat laporan adanya pohon kelapa tumbang malam itu. "Kami mengapresiasi atas kesigapan petugas BPBD melakukan penanganan di malam hari, sehingga akses jalan cepat normal," jelasnya.7k16

Komentar