nusabali

Jegeg-Bagus Diharapkan Jadi Agen Perubahan

  • www.nusabali.com-jegeg-bagus-diharapkan-jadi-agen-perubahan

BANGLI, NusaBali - Malam Grand Final Pemilihan Jegeg-Bagus Bangli Tahun 2023 digelar di Alun-alun Kota Bangli, Minggu (14/5). Para finalis Jegeg-Bagus diharapkan menjadi inspirasi dan agen perubahan positif menuju Bangli Era Baru.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar. Wabup Diar menyampaikan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya ajang jegeg bagus Bangli tahun 2023 ini. Ajang ini merupakan bagian pembinaan generasi muda dalam penghayatan nilai-nilai wawasan kepariwisataan dan kebudayaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari terobosan pembangunan di Kabupaten Bangli.

"Generasi muda merupakan bagian dari masyarakat produktif yang menjadi subjek dalam pembangunan, tentunya harus dipersiapkan dengan baik agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing untuk memupuk bakat dan prestasi generasi muda," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli, I Wayan Sugiarta mengatakan rangkaian dari pemilihan Jegeg-Bagus telah dimulai sejak Februari 2023. Diawali road show/sosialisasi ke SMU, SMK, universitas dan beberapa sekaa teruna di Bangli melalui media offline dan online. Proses yang dilalui para peserta   yakni seleksi awal dan wawancara terkait pengetahuan umum, kemampuan dan bakat serta public speaking masing masing peserta.

Pemilihan Jegeg-Bagus Bangli adalah ajang pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Bangli. Kegiatan ini rutin tahunan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli. Pemilihan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata dan juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkembangkan sikap kreatif, inovatif, sportivitas, berwawasan luas, dan berprilaku positif khususnya. "Pasangan Jegeg-Bagus ini akan mewakili Bangli ke Provinsi Bali," sebutnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, sebagai juara Jegeg 2023 Ni luh Putri Damayanti , runner up 1  AA  Ayu Mirandina, runner up 2 Ni Luh Anik Mertaningsih. Sedangkan Bagus 2023 adalah Kadek Sathyananda Ngurah Guntaro, Bagus runner up 1 I Nengah Adi Drastrawan, dan Bagus runner up 2 Ida Bagus Gede Satya Baswara.7esa

Komentar