nusabali

77 Peserta Disabilitas ikuti UTBK SNBT di UI

  • www.nusabali.com-77-peserta-disabilitas-ikuti-utbk-snbt-di-ui

JAKARTA, NusaBali - Sebanyak 77 peserta difabel mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 di Lab 1105 Gedung Lama Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI).

"Jumlah total peserta disabilitas yang mengikuti UTBK-SNBT tahun ini di UI tercatat 77 orang, di antaranya 10 peserta disabilitas tunanetra," kata Penanggung Jawab Lapangan (PJL) Gedung Lama Fasilkom UI Maya Retno Ayu Setyautami dalam keterangan di Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/5).

Selain di Lab 1105 Gedung Lama Fasilkom, 67 peserta disabilitas lainnya ujian di ruangan yang menyebar di Fasilkom. Jumlah keseluruhan peserta disabilitas ini meningkat dua kali lipat lebih banyak dari tahun sebelumnya, yang tercatat hanya 35 peserta di UI.

Maya Retno Ayu Setyautami mengatakan bagi peserta tunanetra, pihaknya telah menyediakan fasilitas khusus, berupa aplikasi yang berbeda dari aplikasi yang digunakan pada peserta umum lainnya, yaitu Non Visual Desktop Access (NVDA).

Aplikasi tersebut merupakan software atau aplikasi pembaca yang memungkinkan para tunanetra untuk menggunakan komputer dan mendengarkan soal ujian. Selain itu, mereka juga mendapatkan headset dan reglet yang merupakan alat tulis untuk disabilitas.

Selama pelaksanaan ujian berlangsung, ia  juga menyampaikan bahwa dalam ruang ujian para peserta disabilitas tunanetra juga ditemani oleh dua pendamping yang siap membantu apabila terdapat kendala atau masalah teknis selama pengerjaan.

Selain itu, terdapat juga dua petugas tambahan lainnya yang akan bersedia mengarahkan dan mendampingi peserta disabilitas, jika dua petugas lainnya sedang mendampingi peserta lain.

Mereka juga melakukan pendampingan apabila peserta memiliki kebutuhan untuk keluar ruangan, seperti ke toilet, sakit, dan lain-lain. Selain pendamping, dalam pelaksanaan UTBK bagi peserta disabilitas tunanetra. "UI juga telah menyiapkan tenaga ahli di bidang teknologi dan sistem informasi," kata  Retno Ayu Setyautami. 

Seperti diketahui, saat ini Universitas Indonesia menyiapkan tempat untuk sebanyak 53.293 peserta Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 yang merupakan seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

UI mempersiapkan 31 lokasi ujian dengan 1.927 unit komputer yang dapat dipergunakan oleh peserta UTBK dan 263 unit komputer cadangan untuk mengantisipasi jika saat pelaksanaan terjadi kendala. UTBK di UI berlokasi di dua tempat, yaitu di Kampus UI Depok dan Kampus UI Salemba. 

Untuk Kampus Depok, UTBK dilaksanakan di 22 titik lokasi yang tersebar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan fakultas lainnya. 

Adapun di Kampus Salemba, UTBK dilaksanakan di tujuh titik lokasi, di antaranya Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), FEB, dan Gedung IASTH. 7 ant

Komentar