nusabali

Jelang Pendaftaran Berakhir, Sembilan Parpol Belum Daftarkan Bacaleg

  • www.nusabali.com-jelang-pendaftaran-berakhir-sembilan-parpol-belum-daftarkan-bacaleg

NEGARA, NusaBali - Sebanyak 6 partai politik (parpol) mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Jembrana, Sabtu (13/5) kemarin. Saat ini, tersisa sebanyak 9 parpol belum daftarkan bacalegnya.

Keenam parpol yang mendaftarkan bacaleg kemarin yakni Partai Umat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dengan pendaftaran 6 parpol tersebut, total parpol yang sudah resmi mendaftar ke KPU Jembrana berjumlah 9 parpol. Dari pihak KPU Jembrana pun memperkirakan 9 parpol atau mencapai separuh dari jumlah parpol peserta Pemilu 2024 itu akan mendaftar pada hari terakhir, Minggu (14/5) hari ini.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, Sabtu kemarin, mengatakan, pendaftaran bacaleg hari terakhir pada Minggu (14/5) akan dibuka hingga pukul 23.59 Wita. Karena ada sembilan partai politik yang belum mendaftar, pihaknya mengaku sudah menyiapkan lebih banyak petugas untuk menerima dan memverifikasi berkas pendaftaran bacaleg hari terakhir. "Besok kesempatan terakhir mendaftar.  Pendaftaran hari terakhir besok sampai pukul 23.59 Wita," ujar Tangkas Sudiantara.

Dari total 9 parpol yang sudah mendaftar itu, telah mendaftarkan sebanyak 266 bacaleg. Tidak semua parpol mendaftarkan bacaleg sesuai jumlah alokasi 35 kursi yang diperebutkan di DPRD Jembrana. "Jumlah bacaleg tidak wajib 100 persen. Berapapun bacalegnya tetap diterima. Sepanjang berkas pendaftarannya sudah sesuai ketentuan," ujar Tangkas Sudiantara.

Sebelumnya, DPC PAN Jembrana yang pendaftaran bacalegnya sempat ditolak karena berkas belum lengkap, akhirnya resmi diterima mendaftar pada Sabtu kemarin. Pendaftaran Bacaleg PAN Jembrana bisa langsung diterima, setelah berkas yang dibawa telah dipastikan sesuai dan lengkap. ode

Komentar