nusabali

5.276 Siswa SD di Tabanan Ikuti Ujian Sekolah

  • www.nusabali.com-5276-siswa-sd-di-tabanan-ikuti-ujian-sekolah

TABANAN, NusaBali - Ujian sekolah (US) untuk SD di Tabanan akan digelar  mulai Senin (8/5) – Jumat (12/5). Ada 5.276 siswa SD di Tabanan bakal mengikuti US tahun ajaran 2023-2024.

Mereka terdiri dari laki-laki 2.689 dan perempuan 2.587. Jumlah ini sudah termasuk dengan siswa SD negeri dan swasta di Tabanan. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Agama, Matematika, Bahasa Bali, IPA, FJOK, PKN, Bahasa Inggris, IPS dan SBDP (Seni Budaya dan Budi Pekerti).

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan persiapan ujian sudah disiapkan secara matang. Soal ujian yang telah dibuat KKG (kelompok kerja guru) sudah dikirim ke masing-masing sekolah SD hari Jumat. "Total 5.276 siswa yang ikut ujian besok dari seluruh sekolah di SD baik negeri dan swasta," ujarnya, Minggu (7/5).

Kata dia, siswa SD yang mengikuti ujian sekolah ini masih dengan sistem manual. Artinya disiapkan lembar jawaban maupun disiapkan naskah soal. Soal yang dibuat pun sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujikan. "Soal yang diujikan  dengan pelajaran sehari-hari yang sudah dirangkum secara matang," katanya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan Tabanan Ni Made Sukma Ariestuti menambahkan, ujian sekolah yang bakal berlangsung sepekan tersebut hanya ujian teori. Sedangkan untuk ujian praktek jenjang SD tidak diberlakukan. "Hanya ujian teori saja yang berlangsung nanti," jelasnya.

Dia berharap ujian bakal berlangsung lancar dan seluruh siswa mengikuti dengan baik. Sementara terkait dengan kelulusan itu akan ditentukan oleh masing-masing. "Kalau kelulusan masing-masing sekolah yang menentukan. Sudah ada kriteria," tandasnya.7des

Komentar