nusabali

Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung, Jokowi: Sampaikan kepada Saya lewat Komentar dan DM

  • www.nusabali.com-usai-jajal-jalan-rusak-di-lampung-jokowi-sampaikan-kepada-saya-lewat-komentar-dan-dm

BANDAR LAMPUNG, NusaBali.com – Presiden Joko Widodo mengundang masyarakat untuk ramai-ramai melaporkan jalan rusak yang tidak kunjung diperbaiki lewat komentar dan pesan langsung di media sosial presiden.

Pada beberapa waktu lalu, kritikan TikToker Bima Yudho Saputro soal kondisi infrastruktur di kampung halamannya yakni Provinsi Lampung sempat viral. Pejabat di provinsi ujung selatan Pulau Sumatera pun kembali dibuat berkeringat dingin pada Jumat (5/5/2023).

Bagaimana tidak, kedatangan Jokowi ke Lampung menjadi peringatan keras bagi pejabat di daerah untuk lebih memerhatikan infrastruktur khususnya jalan yang dianggap vital. Pada kunjungannya ini, mantan Gubernur DKI Jakarta turut menjajal jalan berlubang dan berlumpur.

Semobil dengan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan yang juga kelahiran Lampung, Jokowi memberikan komentar sindiran di depan awak media usai menjajal jalan rusak. Presiden RI dua periode ini menyebut jalan rusak yang ia lalui terasa mulus di mobil bahkan membuatnya tertidur.

Tidak lama berselang usai melakukan pantauan lapangan, Jokowi mengunggah video pendek di media sosial Instagram. Mantan Wali Kota Surakarta ini menegaskan betapa pentingnya akses jalan bagi masyarakat demi menjamin kelancaran mobilitas dan menekan biaya logistik.

“Pembangunan infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar,” tulis Jokowi dalam caption unggahannya.

Menyambung penegasan yang dia buat, Jokowi mempersilakan masyarakat melaporkan kondisi jalan rusak yang didiamkan di daerah via komentar. Ajakan itu pun disambut oleh lebih dari 90.000 komentar dan apresiasi atas pembangunan infrastruktur selama hampir dua periode hingga Sabtu (6/5/2023) malam.

Tidak lupa, Jokowi pun meminta warganet melampirkan bukti jalan rusak berupa video yang dikirim melalui pesan langsung alias direct message (DM). Hal ini tidak hanya berlaku di media sosial Instagram melainkan di berbagai platform yang dikelola Tim Komunikasi Digital Kepresidenan.

“Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini,” imbuh Jokowi.

Pemerintah Pusat mengaku akan mengambil alih perbaikan jalan di daerah apabila pemda tidak sanggup mengeksekusi. Akan tetapi, jalan rusak yang diladeni pemerintah utamanya yang dalam kondisi rusak berat.

Apabila menelisik data Badan Pusat Statistik (BPS) RI tahun 2021 via GoodStats, Provinsi Lampung bukanlah daerah dengan jumlah jalan provinsi rusak terbanyak di tanah air. Total jalan rusak di bawah Pemprov Lampung adalah 405,6 kilometer.

Posisi pertama dengan jalan provinsi yang rusak dipegang oleh Provinsi Riau yakni sepanjang 1.073,5 kilometer. Sementara itu, Provinsi Bali berada di urutan ke-19 dengan total 156,8 jalan provinsi rusak di Pulau Dewata. *rat

Komentar