nusabali

Pembangunan SMPN 16 Denpasar Masuk Tahap Tender

Penambahan Ruang Kelas Tak Bisa Rampung Tahun Ini

  • www.nusabali.com-pembangunan-smpn-16-denpasar-masuk-tahap-tender

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar memastikan penambahan ruang kelas SMPN 16 Denpasar yang diusulkan anggota dewan tidak bisa terealisasi tahun ini.

Pembangunan sekolah tahun ini hanya bisa sesuai dengan anggaran tahun 2023, sehingga harus menggunakan sistem multi years. 

Hal ini ditegaskan Kadisdikpora Denpasar Anak Agung Gede Wiratama saat ditemui di Kantor Wali Kota Denpasar, Jumat (5/5). Dikatakan, pihaknya sudah mengetahui usulan tersebut. Namun, akibat keterbatasan dana, usulan itu tidak mungkin bisa terealisasi tahun ini. “Anggaran kita sangat terbatas, sehingga tidak bisa menambah ruang kelas tahun ini. Mungkin akan bisa digarap tahun depan,” ujarnya.

Saat ini, proses rencana pembangunan gedung SMPN 16 sudah memasuki masa tender. Agung Wiratama berharap bila tidak ada hambatan, Mei ini sudah rampung. “Kami hanya menunggu proses tender yang sudah jalan, kalau sudah rampung akan dilanjutkan dengan pengerjaan fisik,” ucapnya.

Disdikpora menyediakan pagu anggaran untuk pembangunan SMPN 16 Denpasar ini sebesar Rp 20 miliar. Sementara lokasi pembangunan sekolah tersebut menggunakan lahan eks SDN 14 Sesetan, tepatnya di sebelah utara Kantor Perbekel Sidakarya. Sekolah ini dibangun pada lahan seluas sekitar 35 are. 

Sedangkan siswa SDN 14 Sesetan akan diregrouping di SDN 9 Sesetan yang berada di sebelah selatan Kantor Perbekel Sidakarya. “Gedung SDN 9 Sesetan juga sudah ditambah untuk antisipasi regrouping nanti,” ujar Agung Wiratama.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Sidakarya yang juga Ketua Komisi II DPRD Denpasar Wayan Suadi Putra, mengatakan sesuai dengan perkembangan yang ada, pihaknya memastikan pembangunan gedung SMPN 16 ini berbeda dengan gedung SMPN 15 di Padangsambian Kaja. Di sekolah tersebut terdapat 30 ruang kelas. Namun, untuk di SMPN 16 ini, akan ada 36 ruang kelas yang dibangun. Artinya, ada penambahan lagi enam ruangan.

Meskipun demikian, Suadi Putra mengatakan jika pada tahun ajaran 2023/2024 ini, SMPN 16 Denpasar akan menerima siswa baru. Siswa tersebut akan meminjam gedung SMPN 6 Denpasar untuk proses pembelajaran. 

Pembangunan SMPN 16 Denpasar dilakukan untuk menampung siswa di wilayah Sidakarya, Panjer, dan Renon. Hal ini juga mengurangi beban persaingan untuk mendapatkan sekolah negeri yang selama ini terbagi di SMPN 6, SMPN 11, dan SMPN 9 Denpasar. 7 mis

Komentar