nusabali

Pura-Pura Linglung, Vario Warga Dibawa Kabur

  • www.nusabali.com-pura-pura-linglung-vario-warga-dibawa-kabur

SINGARAJA, NusaBali - Modus berpura-pura linglung dilakukan oleh Ni’am Sastro Dikoro, 36, untuk melancarkan aksi pencurian sepeda motor di di Banjar Dinas Tegal Bundar, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada Senin (1/5) sore.

Pria asal Lingkungan Payaman, Kelurahan/Kecamatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ni'am berprilaku seperti orang bingung dan masuk ke halaman rumah korban Hamdani, 37. Ia lalu berpura-pura untuk membersihkan sampah yang ada di sekeliling sepeda motor korban yang terparkir di halaman.

Korban sempat memergoki Ni'am dan menegurnya. Namun, karena dirasa ia mengalami gangguan jiwa, korban pun mencueki Ni'am dan melanjutkan aktivitasnya untuk mandi. Tak lama kemudian, motor Honda Vario DK 6415 UAB milik korban, tiba-tiba didorong untuk dibawa kabur. Aksi itu dilihat oleh istri korban bernama Nurhalimah, 34, yang kemudian berteriak.

Korban dan warga sekitar, kemudian berhasil mengamankan Ni'am tak jauh dari rumah korban. Selanjutnya diserahkan ke polisi untuk diproses lebih lanjut. Kapolsek Gerokgak Kompol Gusti Nyoman Sudarsana mengatakan, pelaku Nia'am beraksi mencuri motor dengan berpura-pura menjadi linglung agar tak dicurigai.

"Tersangka ini, berpura-pura jadi orang linglung. Karena seperti itu, korban tidak merasa curiga. Karena rumah di desa setempat, jarang yang disengker (dipahar). Jadi tersangka ini bebas masuk. Tersangka langsung ditangkap warga, dan diserahkan ke kami," ujar Kompol Sudarsana, dalam rilis kasus, Kamis (4/5) di Mapolres Buleleng. 

Ni'am pun ditetapkan sebagai tersangka dan dijjerat dengan pasal 362 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Ni'am diamankan di Rutan Polsek Gerokgak untuk diperiksa lebih lanjut. 7mzk

Komentar