nusabali

Pujawali di Pura Penataran Ped, Penumpang Meningkat

  • www.nusabali.com-pujawali-di-pura-penataran-ped-penumpang-meningkat

SEMARAPURA, NusaBali - Krama Kecamatan Nusa Penida, Klungkung di rantauan pulang kampung serangkaian pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida pada Buda Cemeng Klawu, Rabu (3/5).

Imbasnya, Pelabuhan Tradisional di Desa Kusamba - Nusa Penida mengalami peningkatan penumpang. Hingga siang, pelabuhan sudah menjual tiket hingga 15 kali penyebrangan (trip) dengan kapasitas boat 80-97 orang.

Selain warga lokal, para pamedek dari berbagai daerah di Bali juga tangkil sembahyang ke Pura Penataran Ped. “Saya ke Nusa Penida untuk sembahyang ke Pura Penataran Ped. Saya menyeberang dari Pelabuhan Kusamba,” ujar Putu Suardika, Kamis (4/5). Memperlancar transportasi, personel Sat Polairud Polres Klungkung melaksanakan kegiatan pengamanan di sejumlah pelabuhan. Kegiatan dipimpin KBO Sat Polairud Polres Klunkung Iptu I Komang Budiasa bersama personel Sat Polairud.

Selain melaksanakan pengamanan di pelabuhan, petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar hati-hati membawa barang bawaan. Saat menyebrang selalu menggunakan jaket pelampung yang sudah disediakan pengelola boat. “Kami juga membantu para penumpang yang sakit untuk menaiki kapal boat,” ujar Iptu Budiasa. Anggota juga menggelar pengamanan di Pelabuhan Sampalan, Pelabuhan Buyuk, dan Pelabuhan Banjar Nyuh.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, pengamanan pujawali untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. “Anggota diterjunkan di beberapa titik kemacetan untuk kelancaran arus lalu lintas,” ujar Kompol Putra. 7 wan

Komentar