nusabali

Napi Lapas Singaraja Dilatih Bikin Sangkar Burung

  • www.nusabali.com-napi-lapas-singaraja-dilatih-bikin-sangkar-burung

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 40 orang warga binaan (WB) atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja diberikan pelatihan membuat sangkar burung. Selain itu, mereka juga diajari teknik laundry pakaian.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh instruktur ahli dari Dinas Tenaga Kerja Buleleng serta dari Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja Lapas Singaraja, Wayan Riasa mengatakan, pelatihan yang dilakukan sebagai upaya pembinaan dalam bidang kemandirian dan keterampilan bagi warga binaan. Tujuannya, setelah keluar dari Lapas Singaraja mereka diharapkan dapat bekerja dengan orang lain atau membuka usaha sendiri.

Dengan demikian, nantinya mereka dapat berguna di tengah-tengah keluarga maupun masyarakat di sekitarnya. Melalui pelatihan ini, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja untuk mengekspresikan bakatnya," kata Wayan Riasa, Rabu (3/5).


Wayan Riasa menambahkan, pada pelatihan ini nantinya warga binaan akan diuji kemampuan dan kompetensinya. Para warga binaan juga akan mendapatkan sertifikat keterampilan. Sertifikat ini nantinya bisa digunakan mereka untuk mencari pekerjaan.

"Output yang didapat oleh warga binaan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Balai Latihan Kerja Singaraja. Ini nanti bisa digunakan ketika mereka bebas," ujar Wayan Riasa.

Dalam proses pelatihan ini, warga binaan mengikuti dengan sangat antusias. Para instruktur pun menekankan tentang keselamatan kerja dengan tetap menjaga protokol kesehatan. "Peserta pelatihan sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan pembinaan kemandirian  ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib," tukasnya. 7mzk

Komentar