nusabali

Basarnas Bali Tutup Siaga SAR Khusus Lebaran

  • www.nusabali.com-basarnas-bali-tutup-siaga-sar-khusus-lebaran

MANGUPURA, NusaBali - Basarnas Bali secara resmi menutup pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023, Rabu (3/5). 

Sebelum resmi menutup Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023, dari Ruang Command Centre, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henry Alfiandi memberikan pengarahan khusus dan mengapresiasi mengapresiasi kinerja segenap tim dalam Siaga SAR Khusus Lebaran kali ini.

Turut hadir dalam acara tersebut pimpinan tinggi madya dan pratama, serta seluruh Kepala Kantor dan petugas SAR di seluruh wilayah Indonesia. Kepala Basarnas Bali Gede Darmada didampingi jajarannya juga mengikuti seremonial tersebut secara virtual.

Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henry Alfiandi, mengatakan dalam Siaga SAR Khusus Lebaran ada banyak peningkatan, khususnya pada manajemen pelaksanaannya. Response time dalam penanganan kecelakaan juga dinilai sudah lebih cepat dan lebih baik. Bukan hanya itu, dari hasil analisa dan perhitungan, diketahui bahwa angka keselamatan dan penanganan kondisi berbahaya pun meningkat.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, prediksi adanya peningkatan jumlah pemudik karena sudah tidak adanya pembatasan aktivitas masyarakat dirasa sangatlah tepat. Penempatan personel dan alut di pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan rakyat merupakan langkah preventif dan upaya mitigasi oleh Basarnas.

“Silahkan petugas atau Dantim menegur apabila melihat adanya pelanggaran-pelanggaran aturan yang mengkhawatirkan dan berisiko adanya kondisi berbahaya, dan tindakan tersebut tidaklah salah,” tegasnya.

Dalam kurun waktu Siaga SAR Khusus Lebaran, total ada sebanyak 129 kejadian yang diatensi. Jenisnya, mulai dari kecelakaan kapal, kecelakaan lalu lintas dengan penanganan khusus, bencana alam, serta kondisi membahayakan manusia lainnya.

“Performa saat kita melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran agar dijaga dan bila perlu ditingkatkan, sehingga tugas kita sebagai abdi negara di bidang pencarian pertolongan diharapkan kehadirannya oleh masyarakat untuk memberikan rasa nyaman dan aman,” tukasnya.

Sementara, dalam melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran, Basarnas Bali fokus menempatkan personel dan alut-nya di pelabuhan penyeberangan ataupun pelabuhan rakyat. “Namun demikian, bandara serta objek-objek wisata yang biasanya ramai di musim libur Lebaran juga tidak lepas dari pengawasan,” kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada.

Darmada juga mengapresiasi kinerja segenap tim dalam Siaga SAR Khusus Lebaran. Dia berharap kinerja yang sudah baik dapat terus ditingkatkan ke depannya. 7 asa 

Komentar