nusabali

Setiap Banjar di Badung Bakal Punya Polisi Selain Bhabinkamtibmas

  • www.nusabali.com-setiap-banjar-di-badung-bakal-punya-polisi-selain-bhabinkamtibmas

MANGUPURA, NusaBali.com - Setiap banjar dinas di Kabupaten Badung akan memiliki polisi menyusul 251 personel Polres Badung menerima pelatihan Polmas, Rabu (3/5/2023) di Puspem Badung.

Pelatihan terkait pemolisian masyarakat (Polmas) ini dipimpin langsung Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Bali, Kombes Pol Arsdo Ever P Simatupang. Keberadaan 'Polisi Banjar' ini bakal membantu posisi Bhabinkamtibmas yang mewilayah sebuah desa/kelurahan.

Pembentukan Polisi Banjar disebut sebagai bentuk pelaksanaan kebijakan dan program Polri Presisi. Di samping itu, tantangan yang semakin berat terhadap kamtibmas menjelang Pemilu Serentak 2024 juga melatarbelakangi inisiasi Polisi Banjar.

"Informasi sekecil apa pun nantinya agar dapat diserap oleh anggota Polri di masing-masing banjar demi memperkuat dan menjaga kondusivitas dan kamtibmas," jelas Arsdo di hadapan para calon personel Polisi Banjar.

Dengan menempatkan anggota Polri dari unit kecil pemerintahan di desa/kelurahan, diharapkan dapat menguatkan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat. Sebab, Polisi Banjar bakal menerima laporan langsung sehingga dapat tindaklanjuti lebih cepat.

"Jika masyarakat memiliki keluhan terhadap aksi kriminalitas, tindak pidana, maupun mengetahui potensi konflik, hal ini dapat dilaporkan ke Polisi Banjar," imbuh Arsdo saat memberikan arahan, didampingi oleh Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono dan Wakapolres Badung Kompol Putu Diah Kurniawandari.

Ratusan anggota Polri yang diberikan pelatihan pada Rabu pagi merupakan petugas non Bhabinkamtibmas. Sebab, satu petugas membina warga dengan kuantitas satu desa sangat memberatkan apabila dipandang dari segi tantangan terutama di tahun politik.

Potensi kerenggangan dan polarisasi ini diharapkan dapat dicegah dan 'direkatkan' lagi dengan mengisi anggota Polri yang humanis di tengah masyarakat. Dengan demikian, potensi gesekan sekecil apa pun dapat segera dideteksi. *rat

Komentar