nusabali

Okupansi Melesat, Solia Legian Rayakan Anniversary

  • www.nusabali.com-okupansi-melesat-solia-legian-rayakan-anniversary

MANGUPURA, NusaBali.com - ‘Kenekatan’ melakukan grand opening pada saat pandemi Covid-19 masih mewabah, kini berbuah manis bagi Solia Legian Bali Hotel. Okupansi hotel yang berada di pusat turisme Pulau Dewata ini kini mencapai 79 hingga 80 persen.

Kondisi ini melesat hampir dua kali lipat di tahun lalu yang berada di kisaran 40 hingga 50 persen. 

“Okupansi year to date di kisaran 79 hingga 80 persen. Dominasi masih wisatawan dari Australia, sedangkan pada libur lebaran lalu didominasi wisatawan Nusantara,” ungkap General Manager Solia Legian Bali Hotel, Dewa Putu Makapagal.

Ungkapan syukur ini dilontarkan oleh Makapagal di sela-sela Sol 1stsity ulang tahun hotel yang berada di Jalan Sriwijaya Legian, Senin (1/5/2023) malam.

Ia mengakui jika lokasi hotel yang strategis menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sedangkan wisatawan Australia disebutnya memang menjadi wilayah Legian sebagai lokasi favorit.

“Lokasi kami sangat dekat pantai dan tersedia berbagai tempat hiburan ataupun kafe. Legian juga menjadi favorit warga Australia saat berlibur di Bali,” ungkap Makapagal.

Di sisi lain, Makapagal pun menyadari tak mau bergantung pada satu market saja, Australia. “Kami mengambil mix market. Banyak juga wisatawan dari India, Vietnam dan lain-lainnya,” urainya.

Hal ini, lanjutnya, sebagai antisipasi jika terjadi hal tak diinginkan pada wisatawan dari negara tertentu.

Di sisi lain Makapagal mengakui jika persaingan dengan akomodasi di kawasan Legian juga cukup ketat. “Kalau kami punya rooftop, lainnya juga banyak punya rooftop. Karena itu kami juga punya pendekatan layanan personal bagi para tamu,” ungkap Makapagal.

Tips ini pun berhasil membuat tamu menjadi lebih intimated, sehingga hotel bintang empat ini sejak bulan Januari 2023 stabil pada okupansi kisaran 80 persen.

Atas pencapaian selama setahun tersebut, Solia Hotel pun menggelar 'anniversary'  yang dilangsungkan di Soley Bar pada Senin (1/5/2023) malam. 
 
“Seiring pulihnya pariwisata, kami seperti bayi. Kami sudah bisa jalan dan mulai melangkah agar sampai ke tempat tujuan dengan memperkuat budaya organisasi dan pembentukan karakter karyawan,” kata GM asal Jembrana ini.

Tema Basic to School pun dipilih untuk perayaan yang dihadiri oleh para stakeholders pariwisata ini. “Basic  to school seperti anak-anak baru sekolah. Harapannya, dengan dasar kuat seperti di sekolah, nantinya masa depan pasti bagus,” tuntas Makapagal.

Solia Legian Bali Hotel sebelumnya  bernama Sol House by Melia. Namun sejak tahun lalu melakukan rebranding nama di bawah bendera PT Hailai Sinar Cemerlang sembari menggaungkan tagline ‘Beach, Party & Recharge’. 

Solia Legian Bali mempunyai 136 kamar yang dibagi menjadi beberapa tipe diantaranya Solia Deluxe Room, Solia Premier Room, Solia premier pool access, Solia Suite Room dan Solia Premier Suite dengan 3 bar dan restoran diantaranya Soley Bar, Sixtint Pool and Bar dan Zenja Jacuzzi and Bar yang terletak di bagian rooftop.

Komentar