nusabali

KPU Minta Parpol Tak Tergesa-gesa

PDIP Sudah Siap Daftar, Gerindra Pilih Serba Angka Delapan

  • www.nusabali.com-kpu-minta-parpol-tak-tergesa-gesa

‘Kami justru berharap parpol tidak tergesa-gesa mendaftar. Siapkan semua data dengan matang, sehingga tidak bolak-balik nanti.’

DENPASAR, NusaBali
Hari pertama pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Bali untuk Pemilu 2024, Senin (1/5) kemarin, belum ada parpol yang mendaftar. Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, justru lebih baik, parpol tidak tergesa-gesa menyerahkan daftar bacaleg. Sementara parpol papan atas seperti PDI Perjuangan dan Partai Gerindra sudah siap mendaftar. 

“Kami justru berharap parpol tidak tergesa-gesa mendaftar. Siapkan semua data dengan matang, sehingga tidak bolak-balik nanti. Nggak apa-apa hari ini (kemarin,red) nihil pendaftar. Namun, dengan waktu yang tidak tergesa-gesa persiapan parpol lebih matang,” ujar Lidartawan kepada NusaBali di Denpasar, Senin. 

Lidartawan mengatakan, pihak KPU memprediksi parpol sedang menggenjot verifikasi data bacaleg yang akan diserahkan ke KPU. “Kita tidak mengejar, kan ada mekanisme pendaftaran, jadwalnya sudah jelas. Ya tolong siapkan diri lah. Sehingga tidak ada berkas yang kami kembalikan lagi karena kurang lengkap,” ujar mantan Ketua KPU Bangli ini.

Pendaftaran bacaleg secara nasional dilaksanakan serentak 1-14 Mei 2023. Semua prosesnya melalui Silon (sistem informasi pencalonan). Sehingga parpol tidak perlu boyong berkas banyak-banyak ke KPU Bali. Pada waktu pendaftaran 1-13 Mei, waktunya ditetapkan mulai pukul 08.00 Wita sampai 16.00 Wita. Sementara pada 14 Mei 2023 ditetapkan mulai 08.00 Wita sampai pukul 23.59 Wita.

Lidartawan mengatakan parpol diperkirakan akan datang mendaftar menjelang hari –hari penutupan terakhir. Artinya, hari-hari terakhir akan lebih padat. “Hari ini (kemarin,red) nihil sama sekali, kita siapkan petugas yang akan menerima pendaftaran, tetapi belum ada yang mendaftar. Mungkin nanti jelang-jelang berakhir pendaftaran akan banyak. Kita juga sudah siap, kita sudah antisipasi,” tegas pria asal Desa/Kecamatan Susut, Bangli ini.  

Sementara Bendahara DPD PDIP Bali yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack dikonfirmasi NusaBali, Senin sore mengatakan, DPD PDIP Bali dan DPC PDIP Kabupaten/Kota sudah menyiapkan seluruh berkas bacaleg untuk mendaftar. “Ada yang sudah final ada juga yang masih melengkapi. Jadwal pendaftaran secara nasional dibuka 1-14 Mei. Kami menyiapkan jadwal untuk provinsi, kabupaten dan kota dari 1-8 Mei 2023,” ujar Dewa Jack.

Kata Dewa Jack, untuk persiapan bacaleg khususnya incumbent sudah cukup banyak yang final. Karena memang sudah disiapkan jauh-jauh hari. “Nanti kalau mendaftar ke KPU Bali kita akan infokan, sabar,” jelas politisi asal Desa/Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Sementara Partai Gerindra akan mendaftarkan bacalegnya dengan memilih angka serba delapan. “Nanti kita akan mendaftar pada tanggal 8, pukul 8.08 Wita. Nanti diinfokan lebih lanjut ke awak media,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah dikonfirmasi NusaBali, Senin kemarin.n nat

Komentar