nusabali

Puncak Arus Balik Lebaran, Diperkirakan Seribuan Orang Tiba di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-puncak-arus-balik-lebaran-diperkirakan-seribuan-orang-tiba-di-terminal-mengwi

MANGUPURA, NusaBali - Pelaksana Tugas Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi Bali Made Ardana memperkirakan arus balik pemudik di Terminal Mengwi mencapai puncak pada Senin (1/5) kemarin. Dia memperkirakan jumlah penumpang yang tiba di terminal mencapai 1.500 orang lebih.

“Ini gelombang puncak kedua, mungkin asal keberangkatan sudah kemarin (Minggu) puncaknya, tapi kita prediksi tibanya hari ini (Senin),” katanya di Kabupaten Badung, seperti dilansir Antara, Senin (1/5).

Ardana menyampaikan, jumlah penumpang yang tiba di Terminal Mengwi sebanyak 1.187 orang pada Minggu (30/4). Dia memperkirakan jumlah penumpang yang tiba di terminal itu mencapai 1.500 orang lebih.

Ardana mengatakan warga umumnya memilih balik dari mudik mendekati akhir masa libur. “Banyak yang menunggu di hari-hari terakhir, makanya kita prediksi ini puncak,” katanya.

“Kemarin memang sempat macet di Pelabuhan Gilimanuk karena ada buka tutup akibat cuaca buruk, sudah pasti bus ikut molor waktunya,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa pada Senin kepadatan lalu lintas kendaraan sudah mulai terjadi sejak pukul 04.00 Wita. Berdasarkan rekapitulasi, pada Senin hingga pukul 09.00 Wita sebanyak 19 angkutan yang membawa 548 orang penumpang telah tiba di Terminal Mengwi.

Selama kurun 24 sampai 30 April 2023 sebanyak 271 bus yang mengangkut 7.210 orang penumpang tercatat telah tiba di Terminal Mengwi. Kebanyakan pemudik yang sudah balik ke Bali berasal dari Jawa Timur.

Di sisi lain, Ardana juga mengimbau warga yang hendak masuk ke wilayah Provinsi Bali untuk menyiapkan kartu identitas diri. Sebab, pemeriksaan ketat akan dilakukan oleh petugas di lapangan.

“Yang mau masuk Bali agar melengkapi diri dengan identitas seperti KTP, karena pemeriksaan di pintu masuk Bali ketat,” katanya.

Ardana mengatakan jumlah orang yang memasuki wilayah Bali setelah Lebaran biasanya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah orang yang keluar dari Bali pada masa mudik Lebaran. “Sudah tradisi juga yang mudik kemarin satu orang tapi yang balik ke Bali bisa empat sampai lima orang. Jadi pemeriksaan itu bentuk antisipasi dari tim posko terpadu di masing-masing titik,” katanya.

Petugas posko terpadu Terminal Mengwi bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung telah melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang tiba di terminal dan mendapati dua orang yang tidak membawa kartu identitas diri. Menurut Ardana, kasus semacam itu sering terjadi pada masa arus balik mudik Lebaran.

Dia juga menyampaikan bahwa warga sebaiknya merencanakan perjalanan mudik dan balik dengan baik agar terhindar dari kemacetan lalu lintas. Pemerintah menerapkan kebijakan cuti bersama serta mendorong perusahaan membayarkan tunjangan hari raya lebih awal untuk memudahkan warga mudik menjelang Lebaran.

“Semakin panjang (libur) maka semakin banyak pilihan masyarakat memulai mudik atau balik. Dari upaya pemerintah sudah jelas, sehingga ada pilihan waktu untuk lebih awal perjalanannya,” kata Ardana. 7 ant

Komentar