nusabali

Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas di FIFA Matchday dan Asian Games

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-tetap-latih-timnas-di-fifa-matchday-dan-asian-games

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menegaskan, Shin Tae-yong akan melatih Timnas Indonesia di FIFA Matchday dan Asian Games 2022 pada 2023. Saat ini, juru taktik asal Korea Selatan itu sedang pulang kampung, menyusul batal tampilnya Timnas U-22 di Piala Dunia U-20 2023.

Asian Games 2022 akan digelar di Hangzhou, Zhejiang, China pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Sedangkan FIFA Matchday akan berlangsung pada Juni, September, Oktober, dan November 2023.

Tim yang akan berlaga di Asian Games 2022 adalah Timnas U-23, dan Timnas Senior main di FIFA Matchday.

"Tetap Shin Tae-yong (pelatih di Asian Games dan FIFA Matchday). Saya sudah bicara dengan coach Shin yang akan fokus di U-23 dan tim senior," ujar Erick Thohir, di GBK Arena, Jakarta Pusat, Jumat (28/4).

Sedangkan untuk timnas level usia muda, tidak akan dipegang Shin Tae-yong. Tim kelompok umur bakal dialihkan ke pelatih lain, supaya fokus, jangan semua borongan. Menurutnya, Shin tae-yong juga senang saat diusulkan cari alternatif lain supaya ke depan pelatih bisa bersinergi antara timnas, kelompok umur, dan klub.

Lebih jauh Erick Thohir (52 tahun) juga mengungkapkan pihaknya segera membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) untuk membersihkan organisasi yang dipimpinnya. Ya, dia membuat dua satgas pengawasan pengaturan skor dan keuangan.

Satgas pengawasan pengaturan skor punya tugas utama mengevaluasi kinerja setiap wasit di kompetisi musim depan. Sedangkan satgas pengawasan keuangan akan mengawal proses audit keuangan PSSI yang tengah dilakukan oleh firma audit Ernst & Young.

Nantinya, dua satgas tersebut akan diisi sosok-sosok di luar PSSI. Saat ini, orang-orangnya sedang dicari Erick Thohir. Dia secara bertahap akan mencari figur-figur yang independen dari public atau dari luar.

“Jangan dari PSSI, yang independen dari publik untuk bisa mengawal yang namanya pemberantasan pengaturan skor ini," tutur Erick Thohir. ant

Komentar