nusabali

Tips Mengembalikan Kebugaran Tubuh Pasca Lebaran ala Putri MJ

  • www.nusabali.com-tips-mengembalikan-kebugaran-tubuh-pasca-lebaran-ala-putri-mj

JAKARTA, NusaBali.com – Bulan Ramadan dan momen lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah telah usai. Pasca berpuasa dan lebaran yang diramaikan hidangan Nusantara, kebugaran tubuh perlu dipulihkan dan dijaga agar siap kembali beraktivitas.

Ahli gizi sekaligus influencer Putri MJ SGz membagikan langkah sederhana untuk memulihkan kebugaran tubuh setelah berpuasa dan libur lebaran. Bersama Tokopedia, pemilik akun @putriemje ini membeberkan empat tips menjaga tubuh tetap bugar.

Langkah pertama dimulai dengan mengatur jadwal tidur menjadi kurang lebih 8 jam sehari. Selama bulan Ramadan, waktu tidur ideal sedikit terganggu lantaran harus bangun jauh lebih awal untuk sahur.

“Setelah Ramadan usai, jadwal tidur dapat diperbaiki agar lebih teratur. Selain itu, harus diimbangi pula dengan rutin berolahraga agar tubuh tetap fit,” jelas Putri.

Kata Putri, durasi olahraga tidak perlu dipaksakan terlalu lama dan harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Dianjurkan agar berolahraga selama 10-15 menit kemudian bisa ditingkatkan durasinya sedikit demi sedikit.

Bagi yang sudah terbiasa berolahraga dalam durasi yang lama, disarankan mengonsumsi cairan berelektrolit. Cairan ini bisa didapatkan dari air kelapa yang ditambahkan madu dan sedikit garam. Di samping itu, mengonsumsi buah-buahan juga dianjurkan sebagai sumber mineral.

“Perlu juga disediakan waktu jeda sehari tidak berolahraga. Hal ini untuk memberikan tubuh kesempatan beristirahat,” imbuh influencer dengan 116 ribu pengikut di Instagram.

Foto: Putri MJ dalam sebuah unggah reels di Instagram @putriemje. -IST

Apabila jadwal tidur dan olahraga sudah diatur, selanjutnya perlu dibarengi dengan mengonsumsi makanan padat gizi. Putri yang sering membagikan tips diet menganjurkan untuk menyiapkan makanan mengandung gizi makro dan mikro.

Gizi makro mencakup protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Kedua komponen gizi ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Khususnya protein, berperan besar terhadap imun tubuh karena mendorong regenerasi sel.

“Kalau diibaratkan rumah, protein ini seperti batu bata yang menyusun rumah. Sedangkan vitamin dan mineral seperti vitamin C, D, Magnesium, dan Zinc adalah komponen pendukungnya. Jangan lupa perbanyak sayur, buah, dan biji-bijian sebagai sumber serat untuk menurunkan kadar kolesterol,” tutur Putri.

Pada saat lebaran, terkadang dibuat ‘lupa diri’ karena begitu banyak hidangan menggugah selera yang ada di atas meja. Sampai-sampai ada kesan ‘balas dendam’ usai berpuasa dan akhirnya menjadi terlalu kekenyangan.

Oleh karena itu, Putri mengampanyekan mindful eating atau makan secara terkontrol. Dengan cara ini, makanan yang dikonsumsi bisa lebih terjaga baik secara jumlah maupun jenis makanan. Berhentilah makan ketika tubuh sudah memberi respons rasa kenyang.

Jelas Putri, gerakan dari Kementerian Kesehatan RI yakni ‘Isi Piringku’ bisa menjadi rujukan mindful eating. Di mana setiap ‘piring’ masyarakat diharapkan berisi 50 persen sayur dan buah dan 50 persen lagi berisi protein dan karbohidrat.

Meskipun pola makan sehari-hari sudah diatur dengan seksama, mungkin masih juga terdapat asupan gizi yang belum dapat dipenuhi secara konsisten. Untuk itu, diperlukan dukungan dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

“Konsumsi multivitamin sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit usai libur panjang Idulfitri sehingga tubuh tetap fit,” tandas ahli gizi dengan total 4,5 juta like di TikTok. *rat

Komentar