nusabali

Pengelolaan Dermaga Sanur Masih Gunakan Izin Sementara

  • www.nusabali.com-pengelolaan-dermaga-sanur-masih-gunakan-izin-sementara

DENPASAR, NusaBali - Pengelolaan Dermaga Sanur di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar Selatan saat ini hanya menggunakan izin sementara. Izin tersebut langsung dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Nantinya, pengelolaan tersebut diharapkan dilakukan oleh Pemkot Denpasar karena Dermaga Sanur termasuk pelabuhan pengumpan lokal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, Selasa (25/4), mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu arahan pusat. Sriawan menyebut, saat pembangunan dermaga ini menggunakan tanah aset Pemkot Denpasar yang dihibahkan ke pemerintah pusat.

Tanah seluas 74 are dihibahkan karena pembangunan dengan APBN tak boleh menggunakan aset daerah.

“Masih pemeliharaan setahun. Kemudian kami menunggu arahan pusat. Saat pembangunan diminta itu dihibahkan. Karena tidak boleh membangun dengan anggaran APBN kalau asetnya milik daerah,” kata Sriawan.

Namun demikian, pihaknya berharap agar aset 74 are tersebut tetap dihargai. Sehingga dengan status pelabuhan pengumpan lokal, nantinya pengelolaannya kembali lagi ke Pemkot Denpasar. “Termasuk saat ini ketika ada tugas-tugas teknis bisa diperbantukan, daerah diberdayakan, sehingga daerah punya potensi untuk pengembangan daerahnya,” ujarnya. 

Dikatakannya, saat ini izin operasionalnya masih bersifat sementara dari Dirjen Perhubungan Laut. Dan sesuai regulasi, izin operasional pelabuhan lokal ada di Walikota. Pihaknya juga meminta janji pembangunan tempat nelayan bisa direalisasikan. Agar jangan sampai pembangunan awal pelabuhan yang melibatkan komitmen banyak stakeholder, malah merugikan salah satu stakeholder.

“Untuk tempat nelayan, kami minta janji komitmen awal saat pembangunan. Jangan sampai komitmen awal pembangunan pelabuhan yang melibatkan stakeholder semua, malah salah satu stakeholder dirugikan, kita kan pakai konsep menyama braya, kolaborasi,” ucap Sriawan.

Sementara itu, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa pun mengatakan masih menunggu pusat terkait pengelolaan Dermaga Sanur. Dia mengatakan sudah ada pelibatan langsung dan sudah ada persiapan termasuk akses parkir. “Kami menunggu dari pemerintah pusat. Seyogyanya pelabuhan pengumpan lokal pengelolaan ada di daerah,” ujar Wawali Arya Wibawa. 7 mis

Komentar