nusabali

PHDI Klungkung Gelar Upacara Manusa Yadnya Massal

Dilaksanakan Selama Dua Hari, Peserta 1.500 Orang

  • www.nusabali.com-phdi-klungkung-gelar-upacara-manusa-yadnya-massal

SEMARAPURA, NusaBali - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Klungkung menggelar technical meeting dengan warga yang akan mengikuti upacara Manusa Yadnya massal di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Minggu (23/4) sore.

Hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Upacara Manusa Yadnya yang akan digelar pada Sukra Wage Wayang, Jumat (28/4) dan Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (29/4) diikuti oleh 1.500 peserta. 

Ketua PDHI Klungkung I Putu Suarta mengatakan, upacara Manusa Yadnya massal dipusatkan di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung selama 2 hari pada tanggal 28-29 April 2023. Upacara massal meliputi Sapu Leger, Bayuh Oton, Bayuh Sanan Empeng, Matatah, dan Menek Kelih. “Pendaftaran sudah mencapai 1.500 orang,” ujar Suarta. Peserta tidak dipungut biaya. PHDI Klungkung mempersilakan warga untuk madana punia (menyumbang secara sukarela).


Bupati Suwirta mengapresiasi semangat kebersamaan warga yang ikut dalam upacara massal ini. Menurut Bupati Suwirta, biaya upacara dalam pelaksanaan Manusa Yadnya ini dibantu sepenuhnya dari CSR. “Paling utama adalah sama-sama memiliki semangat untuk bersatu. Semangat gotong royong ini harus tetap dijaga sehingga upacara massal tetap bisa berjalan sampai saat ini,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati mengajak seluruh peserta tetap menjaga ketentraman, kenyamanan, dan keamanan agar upacara berjalan lancar. Upacara massal oleh PHDI Klungkung ini bertepatan dengan Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT ke-31 Kota Semarapura dirangkaikan dengan Festival Semarapura tahun 2023. Bupati Suwirta mengajak peserta bersama-sama meramaikan dan menyaksikan Festival Semarapura. 7 wan

Komentar