nusabali

Pasca Lebaran, Pura Taman Ayun Kedatangan Lebih Banyak Wisdom Meski Masih Dikalahkan Wisman

  • www.nusabali.com-pasca-lebaran-pura-taman-ayun-kedatangan-lebih-banyak-wisdom-meski-masih-dikalahkan-wisman

MANGUPURA, NusaBali.com - Pura Taman Ayun menjadi salah satu destinasi wajib di Kabupaten Badung. Pasca lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara (wisman) ini didatangi lebih banyak wisatawan domestik (wisdom).

Peningkatan kunjungan wisdom tercatat sebesar dua kali lipat dari hari-hari biasa sebelum cuti lebaran. Pasca pandemi Covid-19, jumlah kunjungan di Pura Taman Ayun tercatat sebanyak 500 orang per hari. Di mana, 80 persen kunjungan didominasi wisman.

I Made Suandi, Manajer Objek Wisata Budaya Pura Taman Ayun menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan di pura paibon Kerajaan Mengwi itu naik 60 persen pasca cuti lebaran. Kenaikan jumlah kunjungan tidak hanya pada jumlah wisdom namun juga pada wisman.

"Sebelum lebaran, Pura Taman Ayun rata-rata dikunjungi oleh 100-an wisdom dan 400-an wisman per hari," jelas Suandi ketika dihubungi pada Minggu (23/4/2023) sore.

Berdasarkan keterangan petugas di lapangan yang dijumpai NusaBali.com pada Minggu siang, wisdom rata-rata berasal dari Surabaya. Di mana, suku Tionghoa di Jawa Timur mendominasi kunjungan di Pura Taman Ayun.

Lanjut Suandi, dari angka kunjungan reguler itu masing-masing naik 100 persen atau dua kali lipat untuk wisdom dan 50 persen untuk wisman. Jadi, pasca lebaran ini ada lebih dari 200 wisdom dan lebih dari 600 wisman mengunjungi pura di timur Puri Ageng Mengwi ini.

Dari pantauan lapangan pada Minggu siang, wisatawan yang hilir mudik, masuk, dan keluar Pura Taman Ayun didominasi wisman. Menurut keterangan petugas tiket pada pukul 13.30 Wita, terdapat 199 wisman dan 104 wisdom yang sudah berkunjung.

"Pada saat hari raya lokal, kami biasanya menggratiskan kunjungan bagi krama Bali. Tetapi, kunjungan Pura Taman Ayun memang tidak mengenal momen tertentu karena mayoritas dikunjungi wisman yang tertarik dengan objek wisata budaya," tutur Suandi.

Sementara itu, harga tiket masuk ke Pura Taman Ayun pun masih sama. Rp 30.000 untuk wisman dewasa dan Rp 15.000 untuk wisman anak-anak. Sedangkan untuk wisdom masing-masing dikenakan Rp 15.000 bagi dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. *rat

Komentar