nusabali

Cegah Kendaraan Pemudik Terbakar di Jalan, Satpol PP Siagakan Damkar di Pos Selabih

  • www.nusabali.com-cegah-kendaraan-pemudik-terbakar-di-jalan-satpol-pp-siagakan-damkar-di-pos-selabih

Guna mengamankan perjalanan mudik jelang Hari Raya Idul Fitri ini, Polres Tabanan membangun lima posko.

TABANAN, NusaBali
Satpol PP Tabanan menyiagakan satu unit kendaraan damkar (pemadam kebakaran) di Pos Pelayanan Terpadu, Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat. Penyiagaan itu untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran atau musibah kendaraan pemudik yang melintas.

Mobil dan petugas damkar juga bersiap untuk mengatasi kebakaran yang bisa saja terjadi di rumah warga, area sekitar lokasi pos pengamanan. Kepala Satpol PP Tabanan I Gede Sukanada mengatakan, satu unit kendaraan damkar yang disiapkan itu untuk antisipasi bencana. Sesuai hasil koordinasi seluruh intansi terkait, maka satu unit damkar siaga di Pos Pelayanan Terpadu. "Mudah-mudahan tidak ada musibah yang tidak kita inginkan," ujarnya, Rabu (19/4).

Kata dia, seiring dengan disiagakan damkar itu, personel damkar maupun Satpol PP Tabanan juga disiapkan. Mekanisme penjagaan pun menggunakan sistem shiff (pergantian). "Anggota sudah mengatur untuk siapa yang bertugas selama Pos Pelayanan Terpadu disiapkan untuk  mudik jelang Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Selain itu, tegas Sukanada, anggota Satpol PP Tabanan juga disiagakan di pos pengaman di kawasan wisata DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, dan di kawasan Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti. Petugas akan bergabung mengamankan dengan jajaran dari Polres Tabanan. "Kami turunkan di Pos pengamanan adalah satuan patwal yang juga bergilir khusus shift pagi," tandas Sukanada.

Guna mengamankan perjalanan mudik jelang Hari Raya Idul Fitri ini, Polres Tabanan membangun lima posko. Tiga di antaranya pos pengaman, satu posko terpadu dan satu pelayanan. Posko pengamanan dibangun di obyek wisata Tanah Lot, Danau Beratan dan Depan Masjid Al Huda Kediri Tabanan. Sementara untuk pos pelayanan Terpadu  dibangun di Desa Selabih, rumah makan pantai Kecamatan Selemadeg Barat, sedangkan Pos Terpadu dibangun di Pos Adipura.

Bahkan serangkaian Hari Raya Idul Fitri ini Polres Tabanan sedang melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sebagai pendahuluan Operasi Ketupat Agung 2023. Sasarannya, peredaran gelap narkotika, kejahatan C3 atau pencurian, peredaran miras tanpa izin, hingga petasan. Nanti di hari terakhir pelaksanaan akan lakukan pemusnahan. Termasuk juga perumahan kosong akan menjadi atensi ketat patroli.7des

Komentar