nusabali

Seniman I Wayan Pugeg Terima Parama Satya Budaya

  • www.nusabali.com-seniman-i-wayan-pugeg-terima-parama-satya-budaya

GIANYAR, NusaBali - Seniman multitalenta I Wayan Pugeg,88, menerima penghargaan Parama Satya Budaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar. Seniman asal Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini berhak atas lencana emas senilai Rp 10 juta dan uang tunai sebesar Rp 75 juta.

Penyerahan penghargaan diberikan Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra pada puncak HUT Kota Gianyar di Balai Budaya Gianyar, Rabu (19/4). Wayan Pugeg sendiri merupakan seorang seniman multitalenta, selain mampu menghasilkan karya-karya seni khususnya patung yang berkualitas tinggi, juga dikenal lihai dalam seni pertunjukan dan pembuat sarana upakara yang handal.

Diwawancara seusai menerima penghargaan, Wayan Pugeg berharap para generasinya baik anak maupun cucunya mampu meneruskan kiprahnya di bidang seni patung atau pembuatan ogoh-ogoh dan seni atau kesenian lainnya. Dikatakannya bahwa kegiatan mematung atau yang lainnya ia laksanakan untuk memenuhi kebutuhan anaknya. “Saya tidak punya sawah untuk digarap, jadi mematung menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya. Selain Wayan Pugeg, 7 penghargaan seni Wija Kusuma, dan 7 Wija Kusuma Madya juga diberikan kepada para seniman yang berprestasi.

Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Mudiarta dalam laporannya sebagai ketua panitia mengatakan tema  HUT ke-252 Kota Gianyar adalah ‘Gianyar Ngewangun Ngulati Aman Lan Lestari’ yang memiliki arti Gianyar Membangun Menuju Aman dan Lestari. 

“Makna dari tema tersebut adalah bahwa masyarakat Gianyar mampu menumbuhkan, membangun, serta memupuk kekuatan jiwa untuk membangkitkan Budaya Lokal dalam menghadapi tantangan akan arus era globalisasi,” jelas Dewa Alit. 

Dijelaskannya, berbagai rangkaian acara lomba dan pertunjukan telah terlaksana serangkaian Hari Jadi Kota Gianyar sejak akhir bulan Maret lalu. Perlombaan yang digelar terdapat 14 jenis kegiatan perlombaan, antara lain gemar membaca tingkat SD, lomba bonsai, lomba sapi, menangkap ikan lele, lomba busana adat ke Pura, lomba gerak dan lagu, lomba Barista dan Mixologi, Jegeg Bagus, lomba film biografi, serta lomba burung berkicau. Sedangkan dalam kegiatan pagelaran terdapat beberapa jenis kegiatan antara lain pameran UKM, job fair, pawai budaya, pameran bonsai, pameran kuliner, drama gong klasik/legend, parade gong kebyar, pameran hasil pertanian, berbagai pagelaran tarian, penyemprotan ECO Enzim, serta pementasan kesenian lainnya dan hiburan musik. 

Tak hanya memberikan penghargaan kepada pemenang lomba dan seniman, pada malam puncak perayaan Hari Jadi Kota Gianyar, Bupati Mahayastra juga menggelar hiburan rakyat di Open Stage Balai Budaya berupa hiburan lagu pop Bali dari penyanyi Bali lawas seperti Yong Sagita, Senior, Dek Ulik, Widi-Widiana, Ari Kencana, Leonk Sinatra dan pesta kembang api. 7 nvi

Komentar