nusabali

Cuti Bersama dan Pemakaian Air PDAM Diprediksi Turun 10 Persen

  • www.nusabali.com-cuti-bersama-dan-pemakaian-air-pdam-diprediksi-turun-10-persen

Namun pemakaian air di usaha akomodasi wisata dan kuliner diperkirakan meningkat. Hal ini karena akan banyak wisatawan berlibur ke Bali.

DENPASAR, NusaBali
Cuti bersama yang akan dimulai pada Rabu (19/4) hingga  Selasa (25/4) diprediksi akan mempengaruhi tingkat penggunaan air di Kota Denpasar yang dikelola Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma atau PDAM Kota Denpasar.

Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana, Selasa (18/4), mengungkapkan cuti bersama Idul Fitri nantinya penggunaan air oleh pelanggan dipastikan menurun. Sebab, selain warga luar Bali yang mudik, pun banyak masyarakat dari luar Denpasar juga pulang ke kampung halaman mereka. Sehingga, banyak kos-kosan dan rumah yang kosong. Hal itu akan mempengaruhi tingkat penggunaan air. 

“Penurunan (penggunaan air) pasti ada, karena banyak yang mudik, selain itu juga libur karena cuti bersama pasti mereka pulang ada yang dari Karangasem, Buleleng, Jembrana, dan yang lainnya,” kata Bagus Arsana.
Menurut Bagus Arsana, penurunan penggunaan air diprdiksi sebesar 10 persen dari hari biasanya. Sebab dalam sebulan rata-rata pemakaian air di Kota Denpasar sebanyak 1.700 meter kubik, dalam sehari rata-rata pemakaiannya 56,7 meter kubik.

Bagus Arsana mengungkapkan, kendati warga pendatang mengikuti cuti dan pulang kampung, namun terkait penggunaan air pada usaha di Kota Denpasar kemungkinan akan ada peningkatan terutama kuliner dan hunian hotel.

Sebab, tingkat hunian hotel kemungkinan akan bertambah karena banyak yang berlibur ke Bali khususnya ke wilayah Sanur, Denpasar Selatan. “Kalau dari sisi bidang usaha kemungkinan penggunaan air meningkat, karena dipastikan ada penambahan wisatawan. Selain itu penggunaan pada usaha kuliner juga meningkat,” ujarnya. 7 mis

Komentar