nusabali

SMAN 2 dan SMAN 4 Juara

Pekan Olahraga dan Seni Pelajar 2023 Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-sman-2-dan-sman-4-juara

SMAN 2 harus menunggu 15 tahun untuk mengembalikan gelar juara umum cabang olahraga di Porsenijar Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Dua sekolah keluar sebagai juara Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) 2023 Kota Denpasar pada tingkat SMA/SMK. Pada Porsenijar cabang olahraga SMA Negeri 2 Denpasar keluar sebagai juara umum. Sementara itu, SMA Negeri 4 Denpasar keluar sebagai juara umum di cabang seni.

SMAN 2 Denpasar berhasil membawa pulang 43 medali emas, 32 perak, dan 23 perunggu pada cabang olahraga. Sementara di cabang seni SMAN 4 Denpasar pulang membawa 4 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Prestasi ini disyukuri Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Denpasar Kadek Oka Satria Wibawa SOr. Dia mengatakan perlu waktu 15 tahun untuk mengembalikan gelar juara umum Porsenijar cabang olahraga ke sekolah beralamat di Jalan Sudirman, Denpasar, itu.

"Prestasi yang membanggakan berkat kerja keras kita semua," ujar Oka ditemui di sekolahnya, Senin (17/4).

Dia menjelaskan pembinaan olahraga di sekolahnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ada sebanyak 38 ekstrakurikuler yang terkait dengan kegiatan keolahragaan.

Selain pembinaan, prestasi olahraga di SMAN 2 Denpasar juga terbantu dengan cukup banyaknya talenta muda olahraga yang bergabung pada penerimaan siswa baru. Sejumlah cabang olahraga seperti atletik dan renang jadi penyumbang terbesar kontingen olahraga SMAN 2 Denpasar yang berjumlah 200 orang.
"Pelatih lebih mudah memoles mereka," kata Oka.

Menurutnya sekolah berusaha memberikan pendidikan secara seimbang, baik di bidang akademik maupun olahraga dan seni. Sekolah memberikan kesempatan pada siswa mengikuti kejuaraan olahraga maupun seni.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar I Made Sudana MPd, juga menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih para siswanya. Apalagi prestasi ini merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut diraih sekolah berlokasi di Jalan Gunung Rinjani, Denpasar.

"Kita bersyukur karena kembali menjadi juara umum Porsenijar Kota Denpasar di bidang seni. Karena meraih juara umum tiga kali piala bergilir menjadi milik sekolah," ujar Sudana.

Pembinaan seni di SMAN 4 Denpasar juga diberikan melalui ekstrakurikuler. Tidak main-main pelatih yang didatangkan diambil dari para profesional di bidangnya. Terbukti SMAN 4 Denpasar jadi yang terbaik pada bidang dharma wacana, melukis, menulis aksara Bali pada Porsenijar 2023.

"Pembinaan ekstrakurikuler kita setiap minggu. Menjelang Porsenijar ditingkatkan dengan latihan intensif," kata Sudana.

Dia mengingatkan pentingnya pendidikan seni bagi siswa apalagi di Bali yang notabene adalah daerah pariwisata. Selain mendukung pariwisata budaya, seni bagi siswa dapat mengasah jiwanya lebih halus.

"Seni menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Selain juga ikut melestarikan budaya yang sudah diwariskan leluhur," tandas Sudana. *cr78

Komentar